Minggu, 16 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Peluang AI dalam Dunia Bisnis Semakin Meluas

Peluang AI dalam Dunia Bisnis Semakin Meluas

Akademisi Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Soegijapranata Catholic University (SCU), Yonathan Purbo Santosa, MSc melihat peluang penggunaan Artificial Intelligence (AI) semakin meluas. Dalam hal ini, khususnya di bidang bisnis.

Hal tersebut ia ungkapkan kepada mahasiswa beserta dosen FIKOM SCU dalam Seminar “Exploring the Future: AI Integration in Business with Alibaba Cloud.” Kegiatan ini diselenggarakan Program Studi Teknik Informatika (TI) SCU pada Rabu, 22 Mei 2024 di Theater Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan.

“Sekarang pun bukan e-commerce-nya yang memanfaatkan AI, tapi produk dari AI-nya itu sendiri yang kemudian diperjualbelikan,” ungkapnya. Tidak main-main, bisnis dengan memaksimalkan kebermanfaatan AI terbilang menjanjikan.

Yonathan pun memperlihatkan berbagai produk buatan AI yang sedang marak banyak diperjualbelikan di berbagai platform di dunia maya.

Salah satunya yaitu jasa membalas pesan menggunakan AI atau biasa dikenal dengan nama Chatbot. Bersamaan dengan itu, ia juga memperlihatkan hasil desain mulai dari batik, pakaian, hingga bangunan yang dibuat oleh kecerdasan buatan ini.

“Bisnis mana sekarang yang tidak menggunakan AI? Tidak masuk ke online saja sudah ketinggalan,” dukung Ketua Program Studi TI SCU, Rosita Herawati, MIT.

Bukan hanya bisnis, Rosita juga melihat banyaknya profesi pekerjaan yang akan tersingkirkan akibat munculnya AI. Pernyataan tersebut didukung Insider (2023).

Dilansir dari CNBC, ada 10 profesi yang diperkirakan akan punah akibat hadirnya AI. Beberapa di antaranya yaitu analis keuangan, akuntan, konsultan, desain grafis, hingga guru.

Di sisi lain, lapangan pekerjaan yang berkaitan dengan Big Data Analytics dan AI malah semakin banyak bermunculan.

“Kami persiapkan teman-teman mahasiswa biar lebih mengenal perkembangan AI dan kolaborasinya dengan dunia bisnis,” ujar Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) SCU, Rachel Valentina.

Mendatangkan praktisi dari Alibaba Cloud Indonesia, Aaron Berliano H, forum ini menjadi upaya Program Studi TI SCU memperkenalkan kecanggihan AI dalam dunia bisnis kepada mahasiswanya.

“Jadi mereka dapat gambaran AI seperti apa yang digunakan, lalu penggunaan juga seperti apa, melingkupi apa,” lanjut Rachel.

 

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230216184745-37-414484/siapsiap-10-profesi-ini-bakal-punah-diganti-teknologi-ai