Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

FT UNDIP Jalin Kerja Sama Internasional dengan Ajeenkya DY Patil University India

FT UNDIP Jalin Kerja Sama Internasional dengan Ajeenkya DY Patil University India

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT UNDIP) resmi menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Ajeenkya DY Patil University, India pada Selasa (4/6/2024). Acara penandatanganan berlangsung di Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc, Lantai 3 FT UNDIP.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Jamari, S.T, M.T, menyambut baik kerja sama dengan universitas ini. Ia berharap, ke depannya kerja sama ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. “Berharap kita dapat memperluas kerja sama ini ke depannya,” ucap Prof Jamari.

Prof. Dr. Vijayakumar Varadarajan, Dekan Urusan Internasional dari Ajeenkya DY Patil University, sangat senang dengan kerja sama ini. Ia mengharapkan Fakultas Teknik UNDIP sebagai salah satu mitra internasional mereka dapat terus menjalin hubungan erat dan saling bertukar ilmu pengetahuan, sehingga bisa menjadi kampus berkualitas internasional. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini. Semoga kita dapat terus bekerja sama ke depannya,” ujarnya.

Kerja sama ini merupakan bagian dari program World Class University (WCU) yang dicanangkan oleh Ir. Aghus Sofwan, S.T, M.T, Ph.D, IPU selaku Ketua Departemen Teknik Elektro UNDIP.

Dalam program WCU ini, Prof. Vijayakumar akan memberikan kuliah umum dan bimbingan kepada para mahasiswa Teknik Elektro UNDIP, terutama terkait Cloud Computing. Harapannya, dengan adanya program WCU ini Teknik Elektro UNDIP dan Fakultas Teknik UNDIP dapat terus maju dan siap untuk menjadi kampus riset berskala internasional.

Ajeenkya DY Patil University merupakan salah satu universitas swasta yang terletak di Pune, Maharashtra, India. Didirikan oleh Dr. D.Y. Patil, mantan politisi India dan penerima penghargaan Padma Shri dari Pemerintah India, Ajeenkya DY Patil University tercatat sebagai salah satu kampus swasta bergengsi di Maharashtra.

Hal ini bisa dilihat dari peringkatnya yang berada di 10 teratas kampus terbaik di wilayah India Barat menurut BW Legal World and Business World, serta Sekolah Teknik mereka yang termasuk dalam jajaran Top Engineering Institute (Emerging) menurut Times Engineering Survey 2018.

Dilansir dari: Website Fakultas Teknik UNDIP