Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UNDIP Dampingi ISBI Aceh Bertransformasi Menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum

UNDIP Dampingi ISBI Aceh Bertransformasi Menuju  Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum

Semarang – Jawa Tengah (12/06/2024) – Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, selama 3 hari (12-16 Juni 2024) bertempat di Hotel Ciputra Semarang mengadakan workshop dalam rangka pendampingan transformasi ISBI Aceh menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU).

Workshop dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) UNDIP Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA sekaligus menyambut kedatangan Rektor ISBI Aceh dan rombongan ke kota Semarang.

“Kami dengan senang hati mendampingi rekan perguruan tinggi ISBI Aceh. Berkaitan dengan seni budaya, UNDIP memiliki Fakultas Ilmu Budaya,” kata Prof. Purwanto saat memberikan kata sambutan.

“Kami berharap, dengan pendampingan dan pembekalan dari UNDIP, transformasi ISBI Aceh menuju PTN BLU dapat segera tercapai dan terlaksana, “ lanjut Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA.

UNDIP ditunjuk Kemendikbud Ristek menjadi pendamping ISBI Aceh mengingat UNDIP memiliki pengalaman bertransformasi dari PTN-Satker menjadi PTN-BLU dan sejak 2015 menjadi PTN-BH. Pada tahap awal pendampingan difokuskan pada penyusunan Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Kami sampaikan terima kasih telah menerima kami, izinkan kami belajar dan berharap agar ISBI Aceh dapat segera menyandang status PTN-BLU, bila memungkinkan dalam beberapa tahun kemudian dapat menjadi PTN-BH diikuti dengan peningkatan dari berbagai sisi, “ harap Rektor ISBI Aceh Prof. Dr. Wildan, M.Pd

Dalam kegiatan workshop penyusunan DED dan SPM, dari ISBI Aceh selain Rektor, hadir pula Wakil Rektor II Bidang Perencanaan Umum dan Keuangan Dr. Marwan, Kabag PKU Al Munzir M.Si, Kasubag PKU Ika Ariyanti, M.Si, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Amrullah M.Si, Ketua SPI Haria Nanda, M.Sn dan Tim Perencanaan ISBI Aceh.

PTN-Satker adalah PTN yang beroperasi sebagai satuan kerja di bawah naungan Kementerian. Seluruh pendapatan, termasuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari mahasiswa, masuk ke rekening negara dalam hal ini Kementerian Keuangan sebelum digunakan. Penetapan status PTN-Satker adalah hasil dari kebijakan dan ditetapkan melalui mekanisme internal Kemendikbudristek.

Sejumlah PTN-Satker saat ini tengah didorong Pemerintah untuk bertransisi dan ditingkatkan statusnya menjadi PTN-BLU. Dengan status PTN-BLU maka perguruan tinggi memiliki otonomi dalam mengelola pendapatan non-pajak. (Humas – UNDIP)