Senin, 20 Mei 2024
Pondok Pesantren

Santri MA Sahid Jadi Khatib Jumat

Santri MA Sahid Jadi Khatib Jumat

Pondok Pesantren Sahid – Shalat Jumat di Pondok Pesantren Modern Sahid Bogor seperti biasa dilakukan di masjid Sadaniyah Al-Munawarah dengan dihadiri jama’ah seluruh santri, guru, dan karyawan. Pada pelaksanaan shalat Jumat tanggal 1 Oktober 2021, yang bertindak menjadi khatib adalah Daffa Adam Putra Pammuji, santri yang saat ini duduk di kelas XII dengan tema yang disampaikan adalah “Keterkaitan Antara Ilmu dan Adab”.

Menurut ustad Jahidi, selaku Kepala Kepengasuhan yang juga seksi tarbiyah di kepengurusan DKM Masjid Sadaniyah Al-Munawarah menyampaikan bahwa salah santu program kelas akhir yakni kelas XII khsusnya santri putra yaitu program khitobah, salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh santri kelas XII untuk praktek langsung menjadi khatib, baik khatib Jumat ataupun khatib Idul Adha. Tandasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa santri yang terpilih menjadi khatib harus memiliki persyaratan yang wajib dipenuhi, diantaranya :

  1. Santri yang memiliki bacaan al Quran fasih dan lancar
  2. Santri wajib menguasai bahasa Arab agar ketika menyampiakn ayat atau hadis serta teks berbahasa Arab tidak salah.
  3. Santri yang menjadi khatib harus berakhlakul karimah
  4. Santri yang menjadi khatib harus tes seleksi oleh dewan asatidz
  5. Santri yang menjadi khatib harus tekun latihan

Menurut ustad Jay (nama panggilan dari ustad Jahidi-red), kegiatan atau program khitobah (praktek langsung menjadi khatib) dikhsuskan bagi santri kelas XII, adapun program dakwah bagi santri kelas VII-XI adalah muhadharah / tadhribu ad-dakwah. Tujuan dari program ini adalah agar kelak menjadi bekal bagi para santri di masyarakat tatkala sudah kembali ke kampung halaman masing-masing. Sehingga ketika diberi tugas/ditunjuk menjadi khatib, mereka sudah siap dan tidak merasa canggung karena sudah pernah mengalaminya ketika di Pesantren. Inilah yang dimaksud dengan peribahasa “Pengalaman adalah guru yang terbaik”. Jelas ustad Jahidi.

Selain kegiatan khitobah, santri kelas XII juga wajib mengikuti program imamah, yaitu praktek menjadi imam shalat. Santri harus dilatih dan dibiasakan dalam hal-hal praktek ibadah sehingga diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang diperolehnya dalam kehidupan di masyarakat dan tentunya dengan harapan santri menjadi insan terbaik yang membawa kemanfaatan kelak bagi khalayak umum.

Sebagaimana sabda Rosulullah SAW,

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Artinya : “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfa’at bagi manusia lainnya”.

Pondok Pesantren Modern Sahid dengan program-programnya, insha Allah siap mencetak generasi yang unggul, berbudaya dan berakhlakul karimah. (Ujay_13).