Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Dasar

Prosedur Penyusunan Kisi-Kisi Ujian Madrasah MI, MTs dan MA Tahun 2022

Prosedur Penyusunan Kisi-Kisi Ujian Madrasah MI, MTs dan MA Tahun 2022

Prosedur Penyusunan Kisi-Kisi Ujian Madrasah MI, MTs dan MA – Kisi Kisi UM Tahun 2022, Petunjuk Penyusunan kisi kisi UM tahun 2022, Referensi Kisi Kisi Ujian Madrasah MI, MTs dan MA, Kisi kisi ujian madrasah tahun 2022,

Berdasarkan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 mengingat kepada BAB IV Point E yang berisi

Prosedur Penyusunan Kisi-kisi Soal UM 2022

  • Kepala madrasah menetapkan guru penyusun kisi-kisi dan soal UM.
  • Guru menyusun kisi-kisi soal UM.
  • Guru menyusun naskah soal UM mengacu pada kisi-kisi soal UM.
  • Validasi naskah soal UM oleh team teaching pada dengan pendampingan pengawas madrasah dan /atau pada forum KKG/MGMP.
  • Finalisasi/ Penyempurnaan naskah soal UM oleh guru mata pelajaran.
  • Naskah soal UM diserahkan kepada panitia UM untuk digandakan dan siap digunakan ujian

Maka dari itu admin berbagi kisi-kisi ujian madrasah pada tahun pelajaran 2020/2021 untuk dijadikan referensi bagi para tenaga kependidikan.

Berikut disampaikan referensi kisi-kisi tahun pelajaran sebelumnya dimaksud, Penjelasan lebih lanjut sebagai pendamping pengiriman kisi-kisi tersebut adalah;

Detail Referensi Kisi-Kisi Ujian Madrasah MI, MTs, MA

  1. Kisi-kisi Ujian Madrasah meliputi Mapel Quran Hadis, Akidah Ahlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI,MTs, dan MA/MAK.
  2. Kisi-kisi Ujian Madrasah dimaksud pada poin 1 di atas berfungsi memberikan panduan sekaligus membantu guru madrasah dalam menyusun soal Ujian Madrasah kelompok Mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.
  3. Kisi-kisi disusun dengan mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
  4. Guru dalam menyusun soal dapat memilih dari 60 kisi-kisi pada setiap jenjang yang telah disiapkan oleh Kementerian Agama dan selanjutnya disesuaikan dengan kondisi masing-masing madrasah,
  5. Berdasarkan pertimbangan pada poin 4, guru dalam menyusun soal dapat memperhatikan rambu-rambu persentase dan komposisi level kognifif sebagai berikut:

6. Penyusunan soal agar mempertimbangkan situasi pandemi, sehingga tingkat kesulitan dan level kognitif soal yang dikembangkan dapat menyesuaikan kondisi pembelajaran yang berlangsung selama ini di setiap madrasah. Atas dasar itu pula, maka meskipun sebagian besar level kognitif Kompetensi Dasar di KMA 183 Tahun 2019 pada level 3 (L3), guru penyusun soal di setiap madrasah dibolehkan mengembangkan soal pada level 1 (L1) atau level 2 (L2). Mohon kiranya dapat dipedomani, disosialisasikan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Demikian, atas perhatian dan kerjasama Saudara diucapkan terima kasih

Dengan adanya referensi kisi kisi ujain pada tahun pelajaran sebelumnya  ini, admin berharap dapat membantu bapak/ibu sekalian dalam membuat kisi kisi ujian madrasah sehingga dapat menuangkannya dalam bentuk naskah soal ujian madrasah (UM) 

Download Referensi Kisi-Kisi Ujian Madrasah Tahun 2022