Jumat, 19 Agustus 2022
Sekolah Dasar

Tutorial Cara Pengisian Nilai Dan Catatan Oleh Wali Kelas di RDM

Tutorial Cara Pengisian Nilai Dan Catatan Oleh Wali Kelas di RDM

Sebagaimana seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasanya sesuai dengan edaran mulai tahun pelajaran 2021-2022, penggunaan raport madrasah di seluruh Indonesia mulai dari jenjang MI, MTs sampai MA sudah diwajibkan untuk menggunakan Raport Digital Madrasah (RDM). Maka dari itulah semua madrasah dituntut untuk dapat memberikan sosialisai tentang tata cara atau langkah-langkah penggunaan RDM kepada semua gurunya. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka dalam proses pengisiannya bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir pencetakan raportnya. Sebagai tambahan referensi dalam hal tersebut, berikut kami sampaikan beberapa tugas yang harus dilakukan oleh Wali Kelas pada RDM.

Pada akun Guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai Wali Kelas, di dalam Raport Digital Madrasah (RDM) terdapat beberapa menu tambahan yang harus diisi. Yaitu:

1. Data Siswa (Menu ini berisikan data siswa di kelas yang menjadi perwaliannya, fungsinya adalah untuk mengecek dan mengedit data-data siswa jika masih terdapat kesalahan)

Cara Edit data siswa adalah dengan mengeklik tombol Edit kemudian akan tampil beberapa form dari data siswa yang harus diperbaiki dan dilengkapi. Setelah sekiranya data sudah benar dan fix kemudian Save Changes.

2. Absen Siswa (Menu ini berfungsi untuk memasukkan data keaktifan / kehadiran siswa (Skit, Ijin, Alpa). Caranya adalah dengan mengeklik menu Absen Siswa kemudian isikan data keaktifan siswa pada kolom yang tersedia. Jika sudah diisikan semua kemudian klik Simpan.

3. Catatan Wali Kelas (Berfungsi untuk memberikan Catatan Wali Kelas terhadap siswa mulai dari awal hingga akhir tahun pelajaran). Caranya adalah dengan mengeklik menu Catatan Wali Kelas kemudian isikan catatan wali kelas terhadap semua siswa dibaah perwaliannya dan diakhiri dengan Simpan.

4. Sikap Sosial (Berfungsi untuk memberikan penilaian pada aspek Sikap Sosial siswa) Caranya adalah dengan mengeklik Menu Sikap Sosial kemudian input nilai sikap sosial dari semua siswa. Bisa menggunakan cara klik tombol Tambah (untuk input catatan sikap sosial per siswa) atau bisa melalui tombol Upload (dengan mengunggah file template yang tersedia).

input nilai sikap sosial melalui tombol Tambah
input nilai sikap sosial melalui tombol upload

5. Sikap Spiritual (Berfungsi untuk memberikan penilaian pada aspek Sikap Spiritual siswa) Caranya adalah dengan mengeklik Menu Sikap Spiritual kemudian input nilai sikap spiritual dari semua siswa. Bisa menggunakan cara klik tombol Tambah (untuk input catatan sikap spiritual per siswa) atau bisa melalui tombol Upload (dengan mengunggah file template yang tersedia).

input nilai sikap spiritual siswa melalui tombol Tambah
input nilai sikap spiritual siswa melalui tombol upload

6. Prestasi (untuk memasukkan data prestasi siswa dibawah perwaliannya selama satu semester. Prestasi yang berkaitan dengan kejuaraan dalam berbagai bidang baik akademik maupun non akademik). Caranya klik menu Prestasi kemudian klik Tambah ==> tentukan siswa yang mempunyai prestasi, masukkan nama prestasi, dan keterangan dari prestasi yang diraih kemudian Save Changes.

7. Status Nilai (untuk melakukan pengecekan terhadap mapel-mapel yang sudah dikirimkan oleh guru pengampu di kelas perwaliannya)

8. Raport Siswa (berisikan data raport dari hasil semua nilai yang sudah diinput oleh guru mapel mapun wali kelas, meliputi Sampul Raport, Identitas, Legger, dan Raport).

Untuk melakukan cetak raport adalah melalui tombol Raport seperti pada tampilan berikut:

Download Catatan Wali Kelas { KLIK }