Sabtu, 06 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN Tulus Rejo Gelar Lomba Toga

Mahasiswa KKN Tulus Rejo Gelar Lomba Toga

(Unila): Sejumlah mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang sedang melaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tulus Rejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, menggelar serangkaian kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sesuai tema KKN tahun ini “Mulang Tiyuh” maka para mahasiswa harus kembali ke desa dan berbaur dengan masyarakat serta menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat selama di kampus.

Salah satunya adalah mengadakan Lomba Apotek Hidup Tanaman Obat Keluarga (Toga) se-Desa Tulus Rejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur.

Penilaian Lomba Toga dilaksanakan Kamis hingga Jumat, 10 hingga 11 Februari 2021, dan diikuti 20 RT yang ada di Desa Tulus Rejo.

Tim penilai terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK Tulus Rejo Puji Lestari, Kepala Desa Tulus Rejo Hartono, S.P., bidan Desa Tulus Rejo, serta perwakilan mahasiswa KKN Unila periode I. Hari pertama, tim menilai Dusun I dan II yang terbagi atas 11 RT, dilanjutkan hari kedua Dusun III, IV, dan V, yang terdiri dari 9 RT.

Menurut Ketua Kegiatan Rio Ramanda, lomba Toga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, gotong-royong, dan kerukunan warga.

Selain itu kegiatan digelar untuk melestarikan dan membudidayakan tanaman-tanaman obat yang sudah mulai langka. Kriteria penilaian lomba di antaranya kelengkapan jenis tanaman, kerapian, keindahan, kreativitas, dan kesuburan. [Humas/Rilis]