Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Dasar

Pra-Munaqasyah Metode Ummi Tartil dan Tahfiz Juz 1, 2, 3, 4, dan 30 SD Islam Hidayatullah Semarang

Pra-Munaqasyah Metode Ummi Tartil dan Tahfiz Juz 1, 2, 3, 4, dan 30 SD Islam Hidayatullah Semarang

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Salah satu indikator jaminan mutu SD Islam Hidayatullah adalah mahir membaca Al-Qur’an. Hal ini diuji melalui Munaqasyah dari tim Ummi. Untuk mematangkan persiapan Munaqasyah ada kegiatan Pra-Munaqasyah.

SD Islam Hidayatullah melaksanakan Pra-Munaqasyah Tartil dan juga Tahfiz pada tanggal 17-18 Februari 2022. Pra-Munaqasyah tartil adalah ujian bagi siswa yang telah menyelesaikan mengaji UMMI Jilid 1-6, Al-Qur’an, Ghorib dan Tajwid. Adapun yang diujikan berupa Fashohah, Tartil, Tajwid, Ghorib, hafalan panjang dan hafalan pendek.

Sedangkan Pra-Munaqasyah tahfiz adalah setor hafalan sekali duduk minimal juz 30 dan paling banyak adalah juz 4. Penguji Pra-Munaqasyah adalah tim penguji dari guru Al-Qur’an QLC, TK, SMP, dan SMA Islam Hidayatullah.

Jumlah peserta yang mengikuti Pra-Munaqasyah adalah 196 siswa. Diantaranya tartil berjumlah 83 siswa, tahfiz juz 30 berjumlah 69 siswa, tahfiz juz 1 berjumlah 40 siswa, dan tahfiz juz 2–4 berjumlah 4 siswa.

Masyaallah tabarakallah, Allohummarhamna bil Quran kepada semua anada yang telah mengikuti Pra-Munaqasyah. Insyaallah setelah ini akan mengikuti Munaqasyah yang akan diuji langsung oleh Ustaz Ustazah dari UMMI FOUNDATION SURABAYA, sebagai lembaga penjamin mutu pembelajaran Al-Qur’an dan Tahfiz SD Islam Hidayatullah. Semoga selalu dimudahkan Allah bagi siswa maupun ustaz ustazah guru Al-Qur’an. Allahu Akbar!