Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rangkaian Dies Natalis ke-63, FMIPA Unpad Gelar Webinar Strategi Produktif Publikasi

Rangkaian Dies Natalis ke-63, FMIPA Unpad Gelar Webinar Strategi Produktif Publikasi
FMIPA Unpad
Guru Besar Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Unang Supratman menjadi pembicara pada acara Webinar “Strategi Produktif Publikasi di Bidang Natural Sciences” pada Rabu (29/9/2021) lalu.*

[Kanal Media Unpad] Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menggelar Webinar “Strategi Produktif Publikasi di Bidang Natural Sciences” pada Rabu (29/9/2021) lalu. Acara ini merupakan kegiatan pembuka dari rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-63 FMIPA Unpad.

Acara tersebut menghadirkan pemateri Guru Besar FMIPA Unpad Prof. Dr. Unang Supratman. Prof. Unang merupakan peraih penghargaan dari Rektor Unpad sebagai dosen paling produktif dalam publikasi pada bidang Sains dan Teknologi pada peringatan Dies Natalis ke-64 Unpad, 11 September lalu

Dalam pemaparannya Prof. Unang menyebutkan bahwa strategi produktif publikasi yang dilakukan meliputi penguatan riset grup dan juga penguatan kolaborasi.

Prof. Unang menjelaskan, pada penguatan kelompok riset diperlukan scientific leader, yang berperan menyusun peta jalan penelitian, tim riset, fasilitas, dan  dukungan finansial atau hibah.

Sementara penguatan kolaborasi dilakukan melalui publikasi dan riset bersama, sharing facilities, short course, program sandwich,dan training.

Kegiatan webinar dimoderatori oleh Rani Maharani, M.Si, Ph.D dan dihadiri para dosen, mahasiswa sarjana dan pascasarjana dari Unpad maupun luar Unpad. Peserta dari luar Unpad, di antaranya hadir dari Unisba, UNJANI, IAIN Syeh Nurjati Cirebon, Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu  Farmasi Makassar dan Politeknik Negeri Tual, Maluku.

Ketua Dies Natalis ke-63 FMIPA Unpad, Dr. Budi Irawan, M.Si menyebutkan bahwa acara Dies FMIPA tahun ini bertema “Menembus Tantangan Global dalam Bidang Matematika, Sains dan Teknologi serta Mewujudkan Transformasi Unpad Menuju Hybrid University”.

Rangkaian acara Dies selanjutnya akan dilakukan secara Hybrid meliputi webinar tips dan trik memperoleh hibah internasional, webinar etos kerja untuk tendik, lomba virtual, open house dan pameran produk unggulan MIPA secara hybrid serta summer program bertema “MIPA EXPERT” (Excellence Program for Education, Research, and Technology).(rilis)*