Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Sastra Indonesia Unpad Pamerkan Hasil Proses Kreatifnya

Mahasiswa Sastra Indonesia Unpad Pamerkan Hasil Proses Kreatifnya

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Gema Kreatif Sastra Indonesia 2022” yang diselenggarakan di Aula Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) FIB Unpad, Jatinangor, Selasa (7/5/2024).

Dalam kegiatan ini, mahasiswa program studi Sastra Indonesia Unpad angkatan 2022 mempersembahkan berbagai hasil kreativitas mereka pada mata kuliah Proses Kreatif yang terdiri dari proses kreatif penulisan puisi, cerita rekaan (cerkan), esai, dan film pendek.

Koordinator Acara “Gema Kreatif Sastra Indonesia 2022” Robi’atul Muthmainnah menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi dari hasil pembelajaran mahasiswa prodi Sastra Indonesia selama satu semester pada mata kuliah Proses Kreatif.

Mahasiswa pada setiap peminatan mata kuliah tersebut berkesempatan untuk menunjukkan berbagai hasil karya mereka masing-masing, yaitu pembacaan puisi, monolog bertema serupa dengan kumpulan cerpen hasil karya mereka sendiri, menampilkan esai-esai, serta penayangan perdana film pendek berjudul “Sunyi Berisik”.

Robi’atul menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai peminatan dalam mata kuliah Proses Kreatif yang dapat dipilih oleh mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2023 dan juga mengenalkan berbagai hal menarik yang ada pada program studi Sastra Indonesia Unpad lebih luas.

“Biar semua itu bisa melihat di Sastra Indonesia itu peminatannya banyak dan seru-seru semua. Kita bisa membuat cerkan, puisi, esai, apalagi produksi film,” kata Robi’atul.

Robi’atul juga berpesan agar mahasiswa dapat terus percaya diri dan berani untuk menunjukkan serta mengembangkan ide-ide kreatif yang dimiliki.

“Jangan ragu untuk mengeluarkan ide-ide, bahkan itu di luar nalar sekalipun. Jangan takut untuk memulai ide yang kamu punya tersebut, intinya harus berani mengeluarkan kekreativitasan yang kamu punya,” ujar Robi’atul.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FIB Unpad Dr. Lina Meilinawati Rahayu, M.Hum., menyampaikan rasa bangga atas terlaksananya kegiatan ini. Lina berharap agar kegiatan yang menjadi salah satu sarana untuk mengekspresikan kreativitas mahasiswa program studi Sastra Indonesia ini dapat terus dilanjutkan pelaksanaanya.

“Jadi saya sangat menyambut gembira acara ini, mudah-mudahan ini menjadi ajang untuk Anda semua menunjukkan bakat dan kreativitas Anda melalui karya. Mudah-mudahan juga ini menjadi acara yang akan berlangsung terus dan akan ada bibit-bibit unggul dari prodi Sastra Indonesia,” ujar Lina.

Senada dengan Lina, Ketua Program Studi Sastra Indonesia Unpad Nani Darmayanti, S.S., M.Hum., Ph.D., mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan praktik yang baik dan perlu terus dilakukan setiap tahunnya untuk menggali potensi dari mahasiswa.

“Kita tidak mencari siapa yang paling baik dalam kegiatan ini, tetapi kita pasti mendapatkan banyak ilmu. Dari yang tidak tahu menjadi tahu dan yang tidak bisa menjadi bisa. Itulah hakikat yang ingin dicapai sebetulnya dalam kegiatan Gema Kreatif 2022 ini,” pungkasnya. (art)*