Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

HUT ke-2, Prodi S2 Ilmu Manajemen Undiksha Konsisten Tingkatkan Mutu

HUT ke-2, Prodi S2 Ilmu Manajemen Undiksha Konsisten Tingkatkan Mutu

Singaraja- Program Studi S-2 Ilmu Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berkomitmen untuk melahirkan lulusan yang berdaya saing dan konsisten untuk meningkatkan kualitas mutu. Hal tersebut ditegaskan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 yang dilaksanakan di Desa Wisata Bulian, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Senin (16/5/2022).

Dalam rangka melahirkan lulusan yang berdaya saing, program studi terakreditasi baik sekali ini berupaya memberikan layanan pendidikan dan pengajaran yang terbaik bagi mahasiswa. Materi yang diberikan tidak hanya berupa teori, tetapi juga praktik. Dalam hal ini, prodi juga sering melibatkan dosen praktisi. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diberikan pengalaman melalui program penelitian dan pengabdian masyarakat. Ini merupakan salah satu wujud program studi hadir di tengah masyarakat. “Saya sangat mengharapkan agar mahasiswa dari prodi menjadi orang yang sukses dan bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dan mereka bisa mendapatkan karir yang bagus di bidangnya masing-masing,” ungkap Koorprodi S2 Ilmu Manajemen Undiksha, Putu Indah Rahmawati, Ph.D.

Prodi ini juga tengah bersiap menghadapi akreditasi internasional yang visitasinya dijadwalkan sekitar bulan Juni atau Juli 2022. “Semoga kita mendapatkan branding sudah terakreditasi internasional. Karena dengan akreditasi internasional, kita secara otomatis bisa meraih nilai akrediasi A. kalau sudah A, kualitas kita sudah bisa dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di Indonesia dan dunia,” katanya.

Penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sambung Indah Rahmawati juga menjadi perhatian serius. Sejauh ini sudah konsisten dilaksanakan. Bidang penelitian, terdapat sejumlah program yang melibatkan mahasiswa berhasil lolos tingkat nasional dan daerah. “Kalau untuk pengabdian masyarakat, sudah dilaksanakan dengan baik. Satu proyek sosial di Lokapaksa dimenangkan oleh mahasiswa dan mereka melaksanakan secara mandiri,” sebutnya.

Khusus untuk perayaan HUT, diisi dengan sharing session dari Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Bulian, I Gede Suka Yarsa dan petani sukses, I Wayan Kantra. Keduanya menyampaikan tentang perjuangan membangun usaha dan strategi menghadapi tantangan. Pengalaman yang disampaikan diharapkan dapat menjadi motivasi dan pembelajaran bagi mahasiswa. Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah persembahyangan di sejumlah pura, yang sekaligus diisi dengan malukat bersama.

Kehadiran civitas akademika S2 Ilmu Manajemen Undiksha di desa tua ini diberikan apresiasi oleh Suka Yarsa. Ia berharap Desa Bulian dengan potensi alamnya yang luar biasa bisa turut dipromosikan agar dapat semakin dikenal masyarakat. Ia juga mengharapkan prodi ini semakin maju, semakin sukses, dan semakin jaya serta semakin bisa berkontribusi dalam pembangunan desa.  

Salah satu mahasiswa, Ni Made Susi Adnyani juga mengharapkan prodinya semakin kreatif dan mampu melahirkan lulusan yang berkualitas. “Kesan kuliah di prodi ini sangat senang, sesuai dengan ekspektasi saya. Tenaga dosen sangat luar biasa, memang kompeten, tidak hanya dari sisi teori, tetapi juga praktik,” pungkasnya. (hms)