Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

PPMT UNIMMA BANTU PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN

PPMT UNIMMA BANTU PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN

Tim Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mulai terjun ke masyarakat. Salah satunya kelompok dengan dosen pembimbing Dra. Marlina Kurnia, MM yang pada tanggal 1 Agustus 2022 telah melakukan koordinasi dan mulai aktif mengabdi di masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di Tidar Campur, Kota Magelang yang dikenal sebagai sentra usaha tahu.

Dalam diskusi kelompok dengan RT dan warga setempat, ditemukan permasalahan bahwa tungku pembakaran pembuatan tahu menggunakan kayu dapat berpotensi menyebabkan kebakaran. Sehingga PPMT kali ini fokus pada penyuluhan penanganan kebakaran.
Sebelum melakukan program yang telah dirancang, mahasiswa mengadakan sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran ringan yang dipimpin oleh Damkar. Diharapkan dengan terlaksananya sosialisasi dan pelatihan ini, pengetahuan masyarakat menjadi meningkat terkait dengan penanganan kebakaran. Masyarakat pun bisa melakukan tindakan pertama jika terjadi titik mula kebakaran dengan menggunakan APAR.

Selain itu, mahasiswa juga melakukan pemasangan jalur evakuasi di lokasi PPMT serta melakukan pengadaan APAR untuk mengatasi kebakaran ringan yang berpotennsi terjadi di lingkungan warga.