Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FKIP UNTAN Adakan Seminar Nasional Multikultural, Interkultural, dan Inovasi Pendidikan Era Smart Society 5.0

FKIP UNTAN Adakan Seminar Nasional Multikultural, Interkultural, dan Inovasi Pendidikan Era Smart Society 5.0

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP UNTAN) mengadakan seminar nasional dengan tema “Multikultural, Interkultural, dan Inovasi dalam Pendidikan di Era Smart Society 5.0”. Kegiatan diadakan secara daring dan luring yang berlokasi di Hotel Orchardz Pontianak, pada Sabtu, (17/09/22).

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Radian, MS dan diisi oleh keynote speaker Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR., (Komandan Lantamal XII Pontianak), Dr. Carla Queiroz (Direktur Academia BAI, Angola), Dr. Mehmet Filliz (Amasya University, Turkey) dan Prof. Dr. Yohanes Bahari, M.Si (Guru Besar Sosiologi FKIP UNTAN).

Rektor UNTAN yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Radian, MS ,menyampaikan ucapan terima kasih kepada para keynote speakers yang berkenan hadir menjadi pembicara di Seminar Nasional ini dengan tema “Multikultural, Interkultural, dan Inovasi dalam Pendidikan di Era Smart Society 5.0”.

Dirinya menyampaikan Reorientasi Pendidikan Tinggi yang dituangkan dalam kebijakan MBKM, merupakan langkah strategis yang diharapkan dapat memandu pengembangan potensi mahasiswa menjadi insan intelektual paripurna yang berkarakter Pancasila dan kompetitif.

Oleh karenanya, dia menegaskan Perguruan Tinggi diproyeksikan untuk menghasilkan lulusan yang adaptif, menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan, dan sekaligus memiliki the future skills berupa kecerdasan sosial, kemampuan bekerjasama, berempati dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diikuti oleh 118 pemakalah dari dosen dan mahasiswa S1 dan S2 Untan dan guru-guru SD, SMP, dan SMA di Kalimantan Barat, serta diikuti peserta lain secara daring.