Minggu, 02 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

Tindak Lanjuti Kerja Sama, Prodi Ilmu Pemerintahan UNJA dan Universitas Maritim Raja Ali Bertukar Mahasiswa

Tindak Lanjuti Kerja Sama, Prodi Ilmu Pemerintahan UNJA dan Universitas Maritim Raja Ali Bertukar Mahasiswa

TANJUNG PINANG,- Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi berkunjung ke Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Maritim Raja Ali Haji dalam rangkaian merealisasikan dan tindak lanjut dari kerjasama yang telah disepakati yaitu pertukaran mahasiswa. Pada kunjungan tersebut, Prodi Ilmu Pemerintahan Unja menghantarkan mahasiswa yang menjadi utusan untuk belajar dan menimba ilmu di Prodi Ilmu Pemerintahan Umrah. Di mana pertukaran mahasiswa menjadi salah satu poin yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama kedua Program Studi. Adapun masa pertukaran mahasiswa akan dilaksanakan selama satu semester akademik. Dalam rangkaian kegiatan di Tanjung Pinang tersebut langsung disambut oleh Rektor, Wakil Rektor dan Dekan Fisip Umrah. Sedangkan Prodi Ilmu Pemerintahan Unja langsung diwakili oleh Ketua Program Studi.

Di tengah-tengah pertemuan, kedua belah pihak menyampaikan harapannya bahwa kegiatan pertukaran mahasiswa tersebut untuk dapat terus berlanjut. Tujuan dari program ini diharapkan wawasan mahasiswa tentang ke-Bhineka Tuggal Ika akan semakin berkembang, persaudaraan lintas budaya dan suku akan semakin kuat, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti yang telah disepakati sejak awal bahwa kerjasama yang dilakukan bertuuan untuk mendapatkan kebermanfaatan secara bersama. Di mana kebaruan dan bertukar cara pandang dalam memahami suatu kondisi yang berbeda juga penting untuk memperkaya juga mempertajam mata pisau analisa. Ketelitian dan tingkat kritis mahasiswa akan berkembang ketika terus menerus dihadapkan pada problematika yang beragam.

Dengan berkaca pada kondisi geografis dari kedua Program Studi yang berbeda, maka akan memperkaya wawasan mahasiswa tentang beragam perbedaan seperti mata pencaharian dari aspek ekonomi, sumber daya alam dan juga social masyarakat terkait adat dan budaya yang berbeda. Dari beberapa perbedaan-perbedaan tersebt nantinya akan dimaksimalkan sebagai pembelajaran untuk para mahasiswa sehingga dapat menjadi kebaruan ilmu atau wawasan baru di mana hal tersebut tidak ditemukan di daerah asalnya. Dengan demikian maka mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unja akan memperdalam kajian tentang pemerintahan kemaritiman, sedangkan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Umrah akan memperdalam kajian pemerintahan lingkungan. Skema tersebut telah disepakati oleh kedua Program Studi hasil dari kajian dan diskusi mengenai potensi masing-masing daerah.

Kegiatan pertukaran mahasiswa ini di luar dari skema dari Kementrian dan merupakan hasil perjanjian kerjasama kedua Program Studi yang telah disepakati. Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas lulusan dan membuka ruang-ruang wawasan baru dalam keilmuan. Oleh karena itu program pertukaran mahasiswa menjadi salah satu poin utama dalam perjanjian kerjasama kedua Program Studi dan langsung ditindaklanjuti sebagai langkah pasti untuk merealisasikan poin-poin yang tekah disepakati dalam perjanjian kerjasama. Sembari melakukan sesi foto bersama, di akhir pertemuan keduanya berkomitmen untuk terus menjaga semangat untuk merealisasikan program-program yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama. Dengan dilakukannya rangkaian kegiatan pertemuan sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama, maka harapan untuk mencapai tujuan kolaborasi semakin besar seiring terlaksananya program-program yang telah disepakati dalam kerjasama.

HUMAS/Istimewa