Selasa, 14 Mei 2024
Pondok Pesantren

MALAM NISHFU SYA’BAN

MALAM NISHFU SYA’BAN

NISHFU SYA’BAN
Oleh: Moh. Asep Zakariya A, Lc.,M.H

Pesantren. Malam Nisfu Syaban jatuh pada hari Rabu, 8 April 2020. Tanpa disadari bahwa ini merupakan tanda jika bulan suci Ramadan akan segera tiba. ditinjau dari segi bahasa, Nisfu Syaban sendiri memiliki arti pertengahan bulan syaban.

Ada apa di bulan sya`ban sendiri sehingga termasuk kedalam bulan yang dimuliakan dalam Islam?
Syaban merupakan bulan yang mulia bagi umat islam. Bulan ini terletak di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Umat Islam pun dianjurkan untuk memperbanyak istigfar, sholawat, dan sebagian ulama mengatakan kita dianjurkan juga untuk membaca Surat Yasin tiga kali, Pada masing-masing bacaan disertai niat permohonan untuk dianugerahi panjang umur dalam keberkahan dan rida-Nya, dijauhkan dari segala macam bahaya seperti fitnah, penyakit, wabah, dan sejenisnya, khususnya di masa pandemic seperti sekarang dan juga memohon agar diberi kekuatan iman. Setelah itu, lanjutnya, pembacaan diikuti doa-doa yang biasa diajarkan oleh para para ulama salafus salih, mengutip sunnah nabi, dan para sahabat.
Selain itu, salah satu keistimewaan bulan Syaban secara historis adalah dikenal sebagai malam diubahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsa ke masjidil Haram (Ka`bah). Juga, pada bulan Sya`ban merupakan waktu dinaikkannya amalan manusia. Sama halnya dengan puasa Senin-Kamis, umat Islam juga dianjurkan berpuasa. Ada hadist mengenai bulan Syaban, dari Usamah bin Zaid. Ia tidak pernah melihat Rasullulah SAW melakukan puasa yang lebih semangat dari pada puasa Syaban.

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، قَالَ: حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ قَيْسٍ أَبُو الْغُصْنِ، شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ، قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ، قَالَ: «ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: telah mengkabarkan kepada kami `Amr bin `Ali …Rasulallah SAW Bersabda:  “Bulan Sya`ban -bulan antara Rajab dan Ramadhan- adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah SWT, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An-Nasa’i no. 2359. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Para Ulama Salaf Maupun Khalaf, Senantiasa Mengajak Umat Untuk Memuliakan Bulan Sya’ban Dan Terutama Malam Nishfu Sya’ban. Imam Syafi’i Rahimahullah Berkata:

إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِيْ خَمْسِ لَيَالٍ: فِيْ لَيْلَةِ الجْـُمُعَةِ ، ولَيْلَةِ الأَضْحَى، ولَيْلَةِ الفِطْرِ، وأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، ولَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Sesungguhnya Doa Akan Dikabulkan Di Lima Malam, Yaitu: Malam Jum’at, Malam Hari Raya Idul Adha, Malam Idul Fitri, Malam Pertama Bulan Rajab Dan Malam Nishfu Sya’ban (Pertengahan Sya’ban). (Lihat Sunan al-Kubra AlBaihaqi, Darul Fikr, Juz.V, Hal.110)

Dalam sebuah Hadits, Sayidah ‘Aisyah bercerita,

وفي فضل ليلة نصف شعبان أحاديث أخر متعددة وقد اختلف فيها فضعفها الأكثرون وصحح ابن حبان بعضها وخرجه في صحيحه ومن أمثلها حديث عائشة قال: فقدت النبي صلى الله عليه وسلم فخرجت فإذا هو بالبقيع رافعا رأسه إلى السماء فقال: “أكنت تخافين أن يحيف الله عليك ورسوله” فقلت يا رسول الله ظننت أنك أتيت بعض نسائك فقال: ” إن الله تبارك وتعالى ينزل ليلة النصف من شعبان إلى السماء الدنيا فيغفر لأكثر من عدد شعر غنم كلب” خرجه الإمام أحمد والترمذي الإمام أحمد ابن ماجه وذكر الترمذي عن البخاري أنه ضعفه

Dari A’isyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Suatu malam, saya kehilangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Saya cari keluar, ternyata beliau di Baqi’….Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala turun pada malam pertengahan bulan Sya’ban ke langit dunia. Kemudian Dia mengampuni dosa yang lebih banyak dari pada jumlah bulu kambingnya suku Kalb (H.R. Imam Ahmad, At-Tirmidzi) hadist tersebut Dhaif menurut Imam Al-Bukhari.

Dalam kesempatan lain, Rasulullah saw bersabda:

حدثنا راشد بن سعيد بن راشد الرملي قال: حدثنا الوليد، عن ابن لهيعة، عن الضحاك بن أيمن، عن الضحاك بن عبد الرحمن بن عرزب، عن أبي موسى الأشعري، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن الله ليطلع ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

telah bercerita kepada kami Rasid bin Sa`id …dari Rasulallah SAW Bersabda: “Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, At Thabrani)

Semoga kita mendapatkan keutamaan dari bulan-bulan yang dimuliakan Allah SWT, diantaranya bulan sya`ban ini. Amin
Alhamdulilah dewan Asatidz Pesantren Ummul Quro Al Islami, tahun ini dapat melaksanakan shalat sunah nishfu sya’ban di Pesantren meskipun sedang ada dampak virus corona.