Selasa, 14 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAN 1 PANDAAN BERHASIL MERAIH MENOREHKAN PRESTASI DALAM PERLOMBAAN NSDC 2024

SMAN 1 PANDAAN BERHASIL MERAIH MENOREHKAN PRESTASI DALAM PERLOMBAAN NSDC 2024

Kompetisi NSDC (National School Debating Championship) tingkat Kabupaten/Kota Pasuruan resmi dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pandaan pada Kamis (25/04/24). Kompetisi ini dilaksanakan untuk mencari 3 best speaker yang akan menjadi perwakilan Kabupaten/Kota Pasuruan dalam perlombaan NSDC tingkat provinsi. Selain itu, kompetisi kali ini terbilang cukup istimewa karena tahun sebelumnya proses seleksi dilaksanakan secara daring. Pada kali ini, proses seleksi dilaksanakan secara luring.

Tahun ini, perlombaan diikuti oleh 11 tim dengan 3 orang anggota dari berbagai sekolah. Kompetisi diawali dengan opening ceremony pada 09.00 WIB di ruang koordinasi atas SMA Negeri 1 Pandaan. Kompetisi resmi dibuka dengan sambutan dari kepala cabang dinas Kabupaten/Kota Pasuruan, ketua pelaksana NSDC, adjudicator, hingga sambutan dari Bapak Teguh Hariawan, M. M, selaku Plt. kepala SMA Negeri 1 Pandaan. Perlombaan terdiri dari 4 ronde dengan 3 pertandingan di tiap rondenya. Masing-masing ronde membutuhkan waktu sekitar 90 menit, dengan rincian 30 menit untuk proses case building, serta 60 menit untuk proses berjalannya debat. Seluruh rangkaian kegiatan kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang yang dimulai pada 17.00 WIB dengan hasil yang membanggakan bagi SMA Negeri 1 Pandaan. Tim SMA Negeri 1 Pandaan berhasil meraih kategori The Best Team dan meraih The Best Speaker bagi ketiga anggotanya dari seluruh peserta NSDC tingkat Kabupaten/Kota Pasuruan.

“Tentu sangat kaget ya sekaligus senang karena saya tidak menyangka bisa mendapatkan the best speaker dan best team dalam perlombaan ini. Kami benar-benar belajar dari nol dengan waktu yang sangat terbatas, jadi kami sangat senang usaha kami selama berhari-hari terbayarkan dengan hasil yang sangat memuaskan, lalu kemenangan ini juga menjadi motivasi kami untuk mempelajari debat lebih dalam lagi sebagai persiapan untuk next round di Provinsi. Semoga hal ini juga dapat memotivasi teman-teman yang akan menjadi penerus NSDC SMANDA dan dapat mengharumkan nama sekolah,” ungkap Ghaniya Ammara Hermawan selaku peserta tim NSDC SMA Negeri 1 Pandaan.

Reporter : Akmal Gahzy Rajendra