Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Semarak Acara Menyambut Bulan Suci Ramadan

Semarak Acara Menyambut Bulan Suci Ramadan

Kegiatan Pondok Ramadan 1445 H di SMA Negeri 1 Pandaan tahun 2024 resmi dimulai pada hari Kamis (21/03/2024) bertemakan “Ramadan Kita: Tingkatkan Kualitas Iman dan Taqwa Menuju Generasi Emas yang Hebat dan Ber-akhlakul Karimah.” Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 dan 11 secara berkala, dengan masing-masing 4 kelas setiap hari-nya. Fase pertama Pondok Ramadan didahului oleh kelas 11 mulai Kamis-Sabtu (21-23/03/2024) dan disambung oleh kelas 10 mulai Senin-Rabu (25-27/03/2024).

Kegiatan diawali dengan persiapan peserta pada pukul 11.30 WIB dilanjutkan dengan salat Dzuhur berjamaah, beberapa sambutan resmi dan pengarahan terkait kegiatan Pondok Ramadan, pemberian materi tentang sejarah dan makna Ramadan serta pemahaman yang mendalam kepada para peserta sehingga mereka diharapkan mampu meningkatkan kualitas iman dan taqwa selama bulan suci Ramadan. Acara dilanjutkan dengan istirahat singkat sebelum persiapan salat Ashar berjamaah di Masjid Al-Azhar SMAN 1 Pandaan. Acara kemudian dilanjutkan dengan kajian materi fiqih dan adab berpuasa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri serta ibadah puasa Ramadan. Pada momen ini juga terdapat kegiatan berbagi rezeki berupa makanan ta’jil kepada para pengguna jalan melalui kegiatan Ta’jil On the Road. Sekitar pukul 17.30 WIB para peserta diarahkan untuk mempersiapkan diri untuk pelaksanaan salat Maghrib berjamaah dan buka bersama. Kegiatan Pondok Ramadan berakhir pada pukul 20.00 WIB yang ditutup dengan kegiatan salat Isya dan Tarawih berjamaah.

“Tujuannya sendiri itu salah satunya untuk meningkatkan keimanan dan taqwa para peserta didik SMA Negeri 1 Pandaan dengan membimbing siswa dalam kegiatan ibadah seperti salat berjamaah, tadarus bersama, mempelajari materi-materi fiqih dan adab berpuasa, baik selama bulan suci ramadan dan seterusnya meski bulan ramadan sudah selesai. Harapan saya, peserta didik bisa berbenah dan merubah hal yang kurang baik menjadi baik, dan yang baik menjadi lebih baik lagi,” jelas Bapak Muhammad Mauludin, selaku ketua pelaksana kegiatan Pondok Ramadan.

Reporter : Risma Khimayatul Atiya dan Akmal Gahzy Rajendra