Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Mengukir Prestasi Gemilang: Siswi SMA Negeri 1 Pandaan Mempersembahkan Tarian Tradisional Indonesia di Tingkat Internasional

Mengukir Prestasi Gemilang: Siswi SMA Negeri 1 Pandaan Mempersembahkan Tarian Tradisional Indonesia di Tingkat Internasional

SMA Negeri 1 Pandaan kembali mendapatkan prestasi gemilang bidang kesenian tari tradisional. Pada Sabtu (30/01/24) top 10 lomba tari nasional menerima undangan delegasi budaya nusantara oleh Pelita Mice Indonesia. Devi Selsa Islamia, siswi kelas XII mia 7 SMA Negeri 1 Pandaan menjadi salah satu delegasi dalam acara tersebut. Devi berkesempatan mewakili Indonesia untuk menampilkan warisan budaya nusantara di tingkat internasional.
Penampilan ini diharapkan dapat menarik dunia internasional untuk mengenal lebih banyak warisan Indonesia. Selain itu, adanya kesempatan ini bertujuan untuk menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Dengan demikian, budaya-budaya yang dimiliki Indonesia lebih dikenal dalam skala internasional.

Festival Budaya Nusantara dilaksanakan pada Senin – Jumat (11-15/03/24) di Kota Sanya, China. Sebagai salah satu delegasi, Delvi menampilkan tari solo tradisional Geger Bumi Wengker yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Sebagai persiapan untuk mengisi penampilan di China, Delvi berlatih dengan rutin sejak awal puasa. Dia menjelaskan bahwa sangat mencintai kesenian Indonesia dan bangga menjadi salah satu delegasi Indonesia di China. Meskipun sempat merasa patah semangat karena terhalang sakit, hal tersebut tidak menghentikan tekad Delvi untuk terus berlatih menyiapkan perlombaan tersebut dengan baik.

Reporter : Valexa Hafsah Ghaisani