Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pengumuman Kelulusan Online

Pengumuman Kelulusan Online

Pengumuman kelulusan peserta didik di SMP Negeri 2 Pemalang dilaksanakan pada Hari Jum’at, 4 Juni 2021. Berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini dilaksanakan secara online, hal ini sesuai arahan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang dalam Surat Edaran Nomor 420.1/1463/Dindikbud. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa pengumuman untuk jenjang SMP dilaksanakan secara online dan disampaikan kepada orangtua, satuan pendidikan wajib mengantisipasi luapan kegembiraan dalam bentuk konvoi dan/atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan kebijakan pencegahan penularan dan penyebaran covid-19.

Menanggapi hal tersebut SMP Negeri 2 Pemalang mengambil langkah dengan memberikan pengumuman secara online menggunakan media Whatsapp. Pemilihan aplikasi ini karena beberapa faktor, antara lain Whatsapp merupakan aplikasi yang sangat familiar di masyarakat, tidak memutuhkan kuota data yang besar dalam mengaksesnya, software ringan sehingga kecepatan transfer data stabil, aplikasi ini gratis. Dipadukan dengan beberapa aplikasi tambahan di google seperti spreadsheet dan google doc dan fitur tambahan autocrat, serta aplikasi pihak ketiga whatsauto yang berfungsi sebagai mesin penjawab otomatis. Pengumuman online ini bisa diakses menggunakan aplikasi whatsapp dengan cara mengirim pesan menggunakan format yang sudah ditentukan oleh sekolah. Nomor center whatsapp diberikan kepada siswa melalui wa grup kelas atau melihat pada laman web SMPN 2 Pemalang.

Pengumuman kelulusan sistem online ini mendukung langkah Pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid 19 yang semakin hari kasusnya menurun. Secara global whatsapp auto respon tidak hanya digunakan untuk pengumuman kelulusan online, tetapi bisa juga digunakan untuk menginformasikan tentang jadwal pembelajaran, jadwal ulangan dan sebagainya. Dimasa yang akan datang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan terus digunakan meskipun pandemi sudah tidak ada.