Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Fls2n 2021 Snida Pemalang

Fls2n 2021 Snida Pemalang

SMP N 2 Pemalang mewakili Kabupaten Pemalang dalam rangka Pentas Duta Seni tahun 2021 secara off air untuk TMII jakarta mengusung sebuah sendratari yang berjudul “Tirta Wening” yang dilaksanakan di Curug Bengkawah Desa Sikasur Belik Kabupaten Pemalang, video ini juga ditayangkan di kanal Youtube Badan Penghubung Jawa Tengah.

Tari ini dibawakan oleh Emanuella Great Dheacaliesa, Aurelia Dhanandita Putri, Kristiana Anggraeni, Arba Tia Wigati, Tri Novika Arliani. Tari Tirta Wening sendiri menceritakan tentang seorang wanita cantik, baik hati, ringan tangan dan ramah kepada siapapun. Beliau bernama Rara Juminten. Pada suatu hari desa tempat tinggal Rara Juminten dilanda kemarau panjang yang mengakibatkan semua hasil pertanian mati. Walaupun kondisi desa mengalami kekeringan, namun Rara Juminten mempunyai kehidupan yang serba kecukupan dan tidak pernah kekurangan.
Mengetahui hal tersebut, warga desa meminta bantuan kepada Rara Juminten agar dibuatkan sumber mata air. Mendengar permintaan warga, Rara Juminten membantu warga desa dengan cara memanjatkan doa kepada Tuhan, agar ditunjukkan mata air yang terpendam. Dari tempat bertapa muncullah percikan sumber mata air yang sangat jernih. Warga sangat bersyukur karena bantuan Rara Juminten yang dianggap sebagai pahlawan masyarakat desa dapat menemukan sumber mata air.

Tari ini memiliki tema tentang sebuah bentuk kepahlawanan yang menggambarkan perjuangan masyarakat atau tokoh (pahlawan nasional/pahlawan daerah, pahlawan masa kini) yang berjasa dalam membangun bangsa, menegakkan kebenaran serta memperjuangkan kesejahteraan masyarakat.

Pengambilan gambar tari ini di Curug Bengkawah sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang, disamping tempatnya yang asri, indah dan mudah dijangkau. Selain Curug Bengkawah masih banyak Curug yang ada di Kabupaten Pemalang, seperti Curug Sidok, Curug Sibedil, Curug Maratangga, Curug Sejajar dan lainnya. Wisata lain yang bisa digali potensinya adalah Kebuh Teh Semugih di Moga, Bukit Tangkeban di Pulosari, Pantai Widuri, Pantai Joko Tingkir, Wana Wisata Gunung Gajah, Wana Wisata Pangeran Purbaya (WIPAS), Benowo Park dan masih banyak yang lain. Dengan adanya pengiriman Duta Seni ini diharapkan potensi wisata khususnya wisata alam di Pemalang dapat dikenal oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia.