Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi wal miMuhammad SAW Tahun 2023

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi wal miMuhammad SAW Tahun 2023

Memperingati salah satu momen bersejarah umat Islam, MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan kegiatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H /2023 M dengan tema “Pembinaan Akhlak dan Ibadah Siswa melalui Momentum Isra’ Miraj”. Kegiatan ini bertempat di Masjid Baitul Muslimin, Beteng – Sidomekar. Peringatan Isra’ Mi’raj dihadiri oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd., Ketua Takmir Masjid Baitul Muslimin H. Sigit Mulyanto, Kepala sekolah SD Negeri 8 Sidomekar, Bapak/Ibu guru serta karyawan dan siswa-siswi kelas 8, 9 MTs Negeri 7 Jember. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh KH. Abdul Hamid Farouq dari Balung selaku pengisi tausiyah agama.

Kegiatan Isra’ Mi’raj adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh MTs Negeri 7Jember setiap tahunnya. Namun, di masa pandemi Covid-19 kegiatan ini tidak bisa kita dilakukan karena adanya larangan untuk berkumpul. Alhamdulillah pada tahun ini kegiatan Isra’ Mi’raj sudah bisa dilaksanakan kembali. Kegiatan ini termasuk ke dalam salah satu agenda pembinaan akhlak bagi siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember. Terdapat 2 agenda pembinaan di MTs Negeri 7 Jember diantaranya pembinaan secara umum dan pembinaan secara agama. Pembinaan secara umum meliputi pembinaan yang berhubungan dengan minat dan bakat siswa. MTs Negeri 7 Jember memberikan wadah bagi siswa untuk dapat mengembangkan minat dan bakatnya melalui kelas-kelas unggulan meliputi Kelas Riset, Kelas Olimpiade, Kelas Cabang Olahraga, Kelas Tahfidz, dan Kelas Bilingual. Selain kelas unggulan juga ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler diantaranya pramuka, tari, jurnalistik, PMR dll. Sedangkan pembinaan agama meliputi kegiatan beribadah siswa seperti sholat dhuha, sholat dhubur berjamaah, BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) dll.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan Isra’ Mi’raj di Masjid Baitul Muslimin yaitu untuk membiasakan dan mengenalkan kepada siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember untuk membiasakan diri menjadikan masjid sebagai tempat untuk belajar agama. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa menjadi tidak asing lagi dengan kegiatan yang ada di masjid. H. Sigit Mulyanto selaku Ketua Takmir Masjid Baitul Muslimin juga menambahkan bahwa takmir masjid juga secara terbuka menerima kegiatan positif yang akan dilaksanakan di lingkungan masjid terutama bagi generasi-generasi muda yang selalu ingin belajar. Beliau berharap akan ada lebih banyak lagi kegiatan seperti ini sehingga mampu memberikan pengenalan bagi siswa serta menumbuhkan rasa bangga dan senang beraktifitas dan beribadah di dalam masjid.

Acara inti diisi dg ceramah agama yang disampaikan oleh Bapak So’im, S.Pd.I., M.Pd. dan quiz berhadiah yang dipandu oleh Ibu Nala Izzatul F., S.Pd. seputar materi tentang sejarah terjadinya Is’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Sementara itu KH. Abdul Hamid Farouq dalam ceramahnya menyampaikan jika seorang muslim harus mengetahui sejarah agamanya. Hal tersebut dikarenakan di zaman yang serba modern ini banyak generasi muda yang lupa atau bahkan tidak mengetahui sejarah agamanya sendiri. Beliau juga berpesan kepada kita semua untuk menjadi orang yang berilmu dan dekat dengan orang-orang yang memiliki ilmu. Salah satu cara mudah mendapatkan ilmu yaitu dengan berwudhu. Dengan menjaga wudhu kita akan lebih mudah ingat dan menghafal akan ilmu yang sedang kita pelajari. Isra’ Mi’raj merupakan sebuah peringatan akan kewajiban kita untuk sholat 5 waktu. Setiap umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan sholat sebanyak 5 waktu. Dengan memperbaiki sholat maka masa depan kita akan terawat. Bahkan ada sebuah pepatah mengatakan “perbaiki sholatmu, maka Allah akan memperbaiki hidupmu”.

Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat mendekatkan kita dengan Nabi Muhammad SAW dan kelak akan mendapatkan syafaatnya di Yaumil akhir nanti. Amin