Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Vahry Lilam Putra Mahasiswa Sastra Inggris Teknokrat Juara Nasional Speech Contest di Unimed

Vahry Lilam Putra Mahasiswa Sastra Inggris Teknokrat Juara Nasional Speech Contest di Unimed

Universitas Teknokrat Indonesia meraih prestasi Bahasa Inggris lagi bulan ini, di mana mahasiswa Program Studi Sastra Inggris semester 2 bernama A. Vahry Lilam Putra berhasil meraih juara 1 dalam English Speech Contest tingkat nasional.

Vahry, seorang mahasiswa yang sering dipanggil dengan sebutan tersebut, berhasil memenangkan kejuaraan National English Competitions (NEC) XI yang diadakan oleh Universitas Negeri Medan (Unimed).

Baca juga : Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Meraih Juara 1 Nasional Lomba Desain Poster

Vahry berhasil mengalahkan empat puluh peserta lainnya dalam dua babak kompetisi. Pada babak pertama, yaitu babak penyisihan, Vahry berhasil menciptakan pidato yang berjudul “Tantangan Pemuda Indonesia dalam Menguasai Keterampilan Digital” dan dibutuhkan merekam video sebagai syarat penyisihan.

Dari babak penyisihan tersebut, dipilih lima finalis untuk melaju ke babak final di mana kelima finalis harus menyampaikan materi yang sama secara langsung. Vahry harus terbang ke Medan untuk mengikuti babak final ini. Di babak final, Vahry berhasil meraih nilai tertinggi dan mengalahkan peserta dari Universitas Negeri Malang dan STBA PIA Medan.

Vahry adalah seorang mahasiswa yang aktif di Teknokrat English Club dan telah mengasah kemampuan Public Speaking sejak SMA. Di Universitas Teknokrat Indonesia, kemampuan ini semakin diasah dengan tantangan yang lebih tinggi.

Baca juga : Pertama di Indonesia, Universitas Teknokrat Indonesia Ciptakan Perkuliahan Metaverse dan A.I

Vahry mengungkapkan kebahagiannya atas kemenangan dalam lomba ini. “Setelah namaku diumumkan sebagai juara 1, aku merasa semua usaha dan latihanku terbayar. Aku menyadari bahwa latihan tidak membuat kita menjadi sempurna, tetapi membuat kita merasa nyaman dan cukup,” ujarnya.

Suprayogi, Ketua Program Studi Sastra Inggris, menyatakan kebanggaannya atas prestasi Vahry. “Saya berharap Vahry dapat menginspirasi teman-temannya untuk berjuang mencapai tujuan, berkomitmen pada diri sendiri, dan memanfaatkan jaringan yang ada di sekitarnya. Keterampilan dan sikap seperti inilah yang dibutuhkan oleh banyak mahasiswa saat ini,” ujarnya.

Pada bulan Februari 2023, Vahry berpartisipasi dalam ajang Asian English Olympics dan berhasil mencapai babak Quarterfinalist.