Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Branding Ekstra Painting Melalui Lukis Kaos

Branding Ekstra Painting Melalui Lukis Kaos

Lagi-lagi saya dikejutkan dengan gebrakan yang dilakukan oleh kelompok ekstra painting di bawah asuhan Pak Sindu Lintang. Beberapa bulan lalu, kelompok ekstra ini melakukan project riil melukis dinding di TK di daerah Mrican Kota Semarang dan dilanjutkan dengan melukis dinding di SD Negeri Karangroto 04 Kota Semarang. Project yang benar-benar riil mengasah siswa melakukan pemecahan masalah nyata, bagaimana mereka harus merencanakan gambar atau lukisan yang akan dibuat, mereka harus mempertimbangkan berapa kebutuhan bahan cat dan alat yang digunakan yang disesuaikan dengan luas bidang yang akan dicat, mereka juga banyak belajar bagaimana teknik mencampur cat warna primier sehingga menghasilkan warna yang diiinginkan serta bagaimana mampu membuat rencana gambar dengan memperhatikan berbagai aspek teknik dan unsur dalam seni rupa. Yang jelas secara kompleks mereka berlatih menuangkan ide dan gagasan yang harus mampu dikoordinasikan dengan pihak pemesan, sehingga kemampuan komunikasi menjadi bagian yang tak terpenting untuk dilatih oleh mereka.

Setelah beberapa kali project riil melukis dinding, kali ini kelompok ekstra painting melalukan branding diri dengan melakukan kegiatan painting di kaos.

Gambar ini merupakan hasil painting kaos dari kelompok ekstra painting. Sebelah kiri merupakan hasil paiting ketika dilihat pada malam hari dimana hasilnya nampak menyalas, sedangkan sebelah kanan terlihat ketika di siang hari. Hasil painting ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi branding diri kelompok ekstra painting.

Siswa yang tergabung dalam ekstra painting dengan antusias mengikuti arahan, petunjuk yang diberikan oleh Pak Sindu. Semangat mereka untuk mengikuti kegiatan ini dilandasi dengan rasa suka demi pengembangan passion dan talentanya. Usai kegiatan latihan, Pak Sindu langsung mempromosikan hasilnya di media sosial.

Respon dari pelanggan pun bermunculan. Inilah salah satu branding diri yang dilakukan oleh kelompok painting. Setiap kali mengerjakan project, maka media sosial menjadi tempat untuk memposting sekaligus melakukan promosi dan memasarkan diri.  Sederhana yang dilakukan, berproses, melaksanakan project, menjaga kolaborasi, komunikasi, bermedsos sehingga branding diri terus dilakukan.  Harga untuk setiap kaos beserta lukisannya berkisar 125 K. Silahkan bagi yang berminat memesan kaos dengan lukisannya dapat menghubungi di nomor: 081545633558. (Penulis: Diyarko)