Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Semangat Menebar Cinta Kasih

Semangat Menebar Cinta Kasih

Sabtu, 23 Maret 2024, para pengurus OSIS Prayatna Maitri SMK N 11 Semrang berkumpul di Joglo Widya Bakti Sala.  Apa yang dilakukan di joglo tersebut? Ternyata mereka berkumpul menyiapkan bahan-bahan makanan dan minuman yang selanjutnya diolah menjadi makanan dan minuman yang siap untuk dijual. Itulah kebersamaan yang mereka ciptakan pada pengurus OSIS tersebut. Dalam proses penyiapan makanan dan minuman yang akan dijual tersebut tidak lepas dari canda tawa, obrolan-obrolan dengan gaya bahasa mereka namun bermakna untuk mereka. Dialog di ruang ketiga benar-benar mereka ciptakan untuk membangun keterbukaan dan kebersamaan.

Pukul 15.00 WIB  mereka menuju tempat-tempat yang strategis untuk menjual makanan dan minuman tersebut. Mereka mengambil peluang di bulan Ramadhan ini dengan menyediakan makanan dan minuman bagi mereka yang akan berbuka puasa. Mengapa para pengurus OSIS tersebut melakukan kegiatan tersebut? Pengurus OSIS mengambil peluang berjualan tersebut semata-mata untuk mencari dana usaha secara mandiri yang dapat digunakan untuk kas OSIS. Kegiatan berjualan tersebut semata-mata untuk melatih kemandirian finansial dalam berorganisasi.

Tidak semua makanan dan minuman tersebut dijual. Sebagian lagi dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Saya merasa bahagia dengan cara yang dilakukan oleh pengurus OSIS Prayatna Maitri ini. Mereka benar-benar menerapkan apa yang menjadi semboyan tertulis di dalam logo OSIS. Prayatna Maitri yang memiliki arti semangat menebar cinta kasih benar-benar mereka terapkan.

Sudah menjadi kebiasaan, setiap kegiatan apa pun yang dilakukan oleh Pengurus, mereka tidak pernah meninggalkan refleksi. Kegiatan refleksi merupakan salah satu cara membangun kesadaran diri. “Yang saya rasakan selama berwirausaha ini adalah senang karena dapat merasakan kebersamaan bersama teman-teman dan dapat belajar tentang wirausaha lebih lagi, dari cara kita menjuali pembeli dan menghitung modal dan pemasukan, dan hal baik yang saya peroleh adalah dapat berbagi takjil dan menebar kebaikan bagi semua orang yang kurang membutuhkan dan dapat membagikan kekreatifitasan kita dalam membuat makanan dan minuman yang kita bagikan”, ungkap Tifani.

“Dari kegiatan hari ini saya merasa sangat senang, dikarenakan hari ini jauh lebih baik dari hari kemarin. Hari ini juga saya merasakan kehangatan dan kebersamaan di dalam organisasi ini. Banyak sekali yang saya pelajari dan saya peroleh dari kegiatan hari ini, seperti pentingnya chemistry, inisiatif, dan komunikasi di dalam menjalankan suatu kegiatan. Hari ini saya belajar untuk selalu berbagi dengan siapapun itu, sekecil apapun yang kita beri kepada orang lain, tetapi saya yakin bahwa yang kita beri kepada orang lain itu akan sangat bermanfaat bagi mereka. Selanjutnya kami akan terus memberikan sesuatu yang tentunya akan bermanfaat untuk siapapun, kami juga akan belajar dari kesalahan yang kami perbuat pada program-program kami sebelumnya”, ungkap Yoga.

“Saya merasa sangat senang karena persiapan kami hari ini lebih matang dari hari sebelumnya, kami menjalani wirausaha dengan hati yang senang dan menikmati segala prosesnya, teman-teman sangat solid, membantu satu sama lain yang menjadi project ini tidak terasa berat. Selain mendapatkan untung dari hasil penjualan, kami juga senang dapat membantu sesama dengan cara berbagi takjil, kami mendapatkan pengalaman berwirausaha yang cukup hari ini dan perasaan bahagia dapat membantu sesama walaupun tidak banyak yang kami beri namun cukup bermanfaat untuk orang yang membutuhkan disekitar kita”, ungkap Iiam.

“Terima kasih para pengurus OSIS Prayatna Maitri. Kalian memang top. Mandiri dan terus mengaplikasikan semangat menebar cinta kasih. Semoga berkah untuk kalian”, ungkap saya di group Whatsapp sebagai bentuk penghargaan untuk mereka yang telah melakukan kegiatan positif.