Minggu, 05 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Berikan Apresiasi dan Penghargaan Kepada 10 Dosen pada Wisuda ke-118

Rektor Berikan Apresiasi dan Penghargaan Kepada 10 Dosen pada Wisuda ke-118

Banjarbaru – Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri., S.E., M.Si., memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 10 guru besar dan dosen ULM. Momentum pemberian apresiasi dan penghargaan ini dilaksanakan pada acara wisuda ULM ke-118 di Auditorium Banjarbaru, Rabu (25/4/2024).

Penghargaan dan apresiasi tersebut diberikan kepada 10 guru besar dan dosen terproduktif dalam melakukan publikasi, penelitian, pengabdian masyarakat, IPR (Hak Cipta), buku, dan network sesuai pemeringkatan dari Science dan Technology Index (SINTA) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2024. Adapun 10 guru besar dan dosen yang menerima apresiasi dan penghargaan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Ir. Muthia Elma, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM dengan SINTA Score 3Yr 1.872 poin
  • Sunardi, S.Si., M.Sc., Ph.D dengan SINTA Score 3Yr 1.630 poin
  • Wiwin Tyas Istikowati, S.Hut., M.Sc., Ph.D dengan SINTA Score 3Yr 1.069
  • Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA., M.Pd dengan SINTA Score 3Yr 1.067 poin
  • Ir. Yuslena Sari, S.Kom., M.Kom., IPM dengan SINTA Score 3Yr 1.067 poin
  • Eng. Apip Amrullah, S.T., M.Eng dengan SINTA Score 3Yr 1.056
  • Dr. Drs. Eko Suhartono, M.Si., dengan SINTA Score 3Yr 1.007 poin
  • Ir. Chairul Irawan, S.T., M.T., Ph.D., IPM dengan SINTA Score 3Yr 987 poin
  • Misbah, S.Pd., M.Pd dengan SINTA Score 3Yr 963 poin
  • Ir. Iryanti Fatyasari Nata, S.T., M.T., Ph.D., IPM dengan SINTA Score 3Yr 941 poin

Kesepuluh dosen tersebut kemudian dipanggil ke depan panggung utama untuk mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Rektor ULM, Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si., berupa uang senilai Rp. 5.000.000,- atau lima juta rupiah. Selain itu, berdasarkan website resmi SINTA Kemdikbud ULM meraih 300.355 poin (SINTA score 3yr) dan 705.156 poin (SINTA Score Overall).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi para dosen yang telah berhasil meningkatkan kinerja publikasi ilmiahnya. Melalui penghargaan ini, Rektor juga berupaya memberikan dorongan kepada para dosen ULM dalam meningkatkan publikasi ilmiah mereka. Peran aktif para dosen dalam melakukan riset penelitian dan menulis publikasi ilmiah memberikan dampak positif pada peningkatan mutu ULM di tingkat nasional.

SINTA adalah platform resmi Kemdikbud RI yang bisa memberikan akses data-data yang berkaitan dengan publikasi penelitian di Indonesia. Sistem informasi penelitian berbasis web menawarkan akses yang cepat, mudah dan lengkap untuk mengukur kinerja peneliti (author), institusi (afiliasi), dan jurnal di Indonesia.

Dalam Pembuatan SINTA ini melibatkan sistem-sistem eksternal yang saling terintegrasi diantaranya Publikasi dengan basis data Scopus, WoS, Google Scholar, dan Garba Rujukan Digital (Garuda), Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan basis data Bima, data Akreditasi jurnal dengan basis data Arjuna, data Kekayaan Intelektual yang berbasis pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), serta data buku yang berdasarkan data pada Perpustakaan Nasional.

Selain jumlah artikel, jumlah sitasi (kutipan) juga mempengaruhi penilaian. Semakin banyak pencapaian publikasi, penelitian,pengabdian masyarakat, IPR dan buku, maka akan semakin tinggi juga peringkat SINTA dosen di institusi masing-masing.

Harapannya capaian ini terus meningkat selaras dengan pengembangan riset inovatif yang mendorong hilirisasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Inovasi berbasis riset yang dilakukan ULM, lebih dari pengembangan keilmuan, namun sebagai kontribusi nyata terhadap penyelesaian permasalahan masyarakat dan agenda kebangsaan.