Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Isi Ruang Ketiga dengan Danusan OSIS “Prayatna Maitri” SMKN 11 Semarang

Isi Ruang Ketiga dengan Danusan OSIS “Prayatna Maitri” SMKN 11 Semarang

Sabtu, 16 Maret 2024, OSIS Prayatna Maitri kembali mengadakan kegiatan dana usaha mandiri di bulan Ramadhan di tahun 2024 ini dengan menjual takjil. Kegiatan dana usaha mandiri kali ini dengan menjual takjil di Taman Setiabudi dan Taman Tirto Agung daerah Tembalang Kota Semarang. 

Kegiatan Dana Usaha Mandiri Osis Prayatna Maitri

Pada kegiatan danusan ini, OSIS angkatan 33 dan 34 bekerja sama. Ruang kolaborasi mereka ciptakan untuk membentuk suasana keterbukaan melalui kegiatan yang dapat menghasilkan finansial guna menambah kas OSIS. Ruang dialog mereka ciptakan tidak hanya di ruang rapat yang biasanya dilakukan di Joglo Widya Bakti Sala, namun melalui danusan ini, dialog terbuka, dialog dengan hati mereka ciptakan di luar sekolah melalui kegiatan berjualan takjil secara bersama. Dimulai dari tahap penyiapan di pagi hari mereka berbelanja bahan-bahan untuk memasak menu takjil nya, lalu memasak produk takjil yang akan dijual, hingga akhirnya menjual menu takjil tersebut di pos yang sudah ditentukan. Mereka saling berbagi tugas untuk menciptakan harmonisasi.

Walaupun sempat ada kendala hujan, namun kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan semangat dan senang, hingga  pada akhirnya produk yang dijualpun habis. Dengan adanya kegiatan danusan di luar sekolah ini, dapat melatih jiwa kewirausahaan para pengurus OSIS dan melatih keberanian untuk berbicara di publik dengan cara menawarkan produk jualan ataupun berbicara dengan konsumen. 

“Hal baik yang saya peroleh dari kegiatan ini dapat menjadikan kami OSIS untuk belajar berwirausaha, dan hal baik lainnya kita peroleh adalah dapat melayani pembeli dengan wajah yang ceria dan penuh kedamaian dalam diri kita. Yang saya rasakan tentunya senang karena dapat berbaur dengan teman-teman dan dapat merasakan experience baru ketika berwirausaha, dan juga menambah pengalaman baru bagi teman-teman yang belum pernah merasakan berwirausaha. Saya juga ada lelahnya dalam berdagang tetapi rasa senang menutupi rasa lelah yang kami alami. Dan hal yang perlu di tingkatkan yaitu inisiatif untuk mempromosikan dagangan kita sendiri”, ungkap Tifani salah satu pengurus OSIS Prayatna Maitri setelah mengikuti kegiatan danusan. Sederhana, namun kontinyu dilakukan oleh pengurus OSIS ini, dan berharap dapat berdampak positif terhadap kemandirian mereka.