Selasa, 21 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Kebekerjaan Calon Lulusan SMK Negeri 11 Semarang Tahun 2024

Workshop Kebekerjaan Calon Lulusan SMK Negeri 11 Semarang Tahun 2024

Dalam rangka peningkatan out come calon lulusan SMK Negeri 11 Semarang Tahun 2024, Bursa Kerja Khusus (BKK) Mandiri Sejahtera SMK Negeri 11 Semarang menyelenggarakan Workshop Kebekerjaan bagi peserta didik calon lulusan tahun 2024 pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 24-25 April 2024 di Aula Gedung A lantai 2 SMKN 11 Semarang. Workshop diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII sejumlah 561 orang dari Kompetensi Keahlian  Desain Grafika (DG), Produksi Grafika (PG), Multimedia (MM) dan Animasi (AN).

Workshop Kebekerjaan dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 11 Semarang, Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa pentingnya diadakan workshop kebekerjaan untuk membekali calon lulusan Tahun 2024 supaya lebih percaya diri dalam menyambut dan memasuki dunia kerja, menjadi tenaga terampil dan siap kerja sesuai kompetensi keahlianya. Calon lulusan dihimbau perlu mengembangkan ketrampilan profesional dan pengembangan karier lainya sehingga memiliki life skill dan soft skill yang dibutuhkan oleh Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (Iduka).

Di hari pertama Rabu 24 April 2024 workshop kebekerjaan diikuti oleh empat rombel Kompetensi Keahlian  Desain Grafika (DG) dan empat rombel Produksi Grafika (PG). Hadir  dari Industri Mitra / Dunia Usaha pada workshop kebekerjaan tersebut adalah PT. Cahaya Grafika Jakarta, dan PT. Anugrah Jaya Abadi Semarang dengan menyampaikan materi tentang Etos Kerja dan Budaya Kerja Industri serta Informasi Rekrutmen Karyawan sesuai kebutuhan dari masing-masing industri tersebut.

Sedang di hari kedua Kamis, 25 April 2024 workshop kebekerjaan diikuti oleh empat rombel Kompetensi Keahlian Multimedia (MM) dan empat rombel Kompetensi Keahlian Animasi (AN).

Hadir dari Industri Mitra / Dunia Usaha pada hari kedua adalah PT. Pickoland dan PT. Taman Media Indonesia dengan menyampaikan materi Etos Kerja dan Budaya Kerja Industri serta Informasi Rekrutmen Karyawan untuk calon lulusan Kompetensi Keahlian Multimedia (MM) dan Kompetensi Keahlian Animasi (AN).

Sedang materi workshop kebekerjaan lainya disampaikan oleh Guntur Darmawan, S.Pd. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dengan membawakan materi Setandar Kompetensi Lulusan SMK dan Jadwal Pelepasan Lulusan Tahun 2024. Pembawa materi selanjutnya tentang Hubungan Kerjasama Industri dan Profil Tamatan/Lulusan SMK disampaikan oleh Darwito, S.Pd. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Industri. Materi Kebekerjaan dan Enterpreneurship oleh Ketua BKK Aan Catur Widodo, S.Kom, dan Studi Lanjut Calon Lulusan oleh staff BKK, Nugrahaning Dyah Respati, S.Psi.

Sebagai puncak acara workshop kebekerjaan ini adalah di bukanya banyak informasi lowongan pekerjaan dan jadwal rekrutmen karyawan/ tenaga kerja pada bulan April 2024 oleh berbagai industri mitra SMK Negeri 11 Semarang antara lain; PT. Anugerah Jaya Abadi Semarang, PT. Cahaya Grafika Jakarta, CV. Wibowo Mulyo Semarang, PT. Presisi Tangerang, PT. Aksara Boyolali, PT. Dunia Tex Ungaran, PT. Samsung Media Jakarta, Astina Card Semarang, PT. Geovarta Printing Purbalingga, PT. Kezia Cipta Gemilang Offset Semarang, PT. Recruiter Indonesia Group dan PT. PT. Pesta Pora Abadi (Bakmie Gacoan) Semarang. Ada 130 lebih lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh berbagai industri mitra tersebut yang akan segera direkrut pada bulan april ini. Hal ini bagian dari effort SMK Negeri 11 Semarang dalam meningkatkan outcome lulusan untuk menekan angka pengangguran lulusan SMK di Indonesia.