Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Agar Semua Murid Terlibat dalam Peka Lingkungan

Agar Semua Murid Terlibat dalam Peka Lingkungan

Apa yang terjadi ketika kegiatan peka lingkungan dilakukan secara serempak untuk sekolah yang memiliki jumlah rombongan belajar yang banyak? Diprediksi akan banyak murid yang kurang melakukan kegiatan peka lingkungan tersebut dengan sungguh-sungguh. Hal ini karena  pengawasan yang relatif sulit ketika dilakukan serempak oleh seluruh kelas. Ada strategi yang cukup efektif dengan membuat jadwal peka lingkungan setiap hari Jumat dengan melibatkan empat kelas di setiap minggunya. Dengan melibatakan empat kelas secara bergantian, pengawasannya lebih mudah. Kegiatan yang melibatkan empat kelas tersebut menggunakan jam pertama dan kedua, sehingga guru yang ikut mengawasi adalah guru pengampu pada mata pelajaran tersebut.

Kegiatan peka lingkungan di bawah koordinasi Pak Fahmi dan Pak Bambang ini dapat berjalan dengan lancar. Guyup rukun dan bergotong royong menjadi landasannya. Melatih sikap dan perilaku untuk mencintai lingkungan merupakan cara yang sederhana kami lakukan, agar mereka menjadi generasi penerus yang selalu mencintai lingkungannya. Sebelum melaksanakan kegiatan peka lingkungan, Pak Fahmi memberikan penjelasan tentang pentingnya peka lingkungan. “Kalian sudah mendapatkan ilmu secara akademik dan keterampilan dari SMK Negeri 11 Semarang, oleh karena itu ditunggu wujud kalian untuk mengabdi kepada sekolah. Salah satu caranya adalah melakukan kegiatan peka lingkungan, sehingga sekolah akan menjadi bersih, nyaman dan asri”, ungkap Pak Fahmi dalam amanat di saat apel sebelum kegiatan peka lingkungan.

Keberhasilan kegiatan peka lingkungan ini tidak lepas dari persiapan yang dilakukan oleh Pak Fahmi. Kali ini, 3 Mei 2024, yang mendapatkan jadwal untuk peka lingkungan adalah X Animasi  1, XI Animasi 2, XI Animasi 3 dan XI Gim 4. Sudah menjadi kebiasaan sebelum kegiatan peka lingkungan, ketua kelas yang mendapatkan tugas berkumpul untuk berkoordinasi menentukan wilayah yang akan dibersihkan. Koordinasi dilakukan juga Sekbid 7 OSIS untuk membuat fleyer sebagai media informasi yang dipublish di group guru maupun murid. Sederhana yang kami lakukan, semoga dapat dilakukan secara kontinyu.