Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Manasik Haji SMPN 1 Ponorogo: Tingkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Terhadap Ibadah Haji

PONOROGO (SMPN 1) – SMP Negeri 1 Ponorogo telah menggelar praktik manasik haji untuk siswa kelas IX, yang merupakan kegiatan tahunan sebagai implementasi pembelajaran praktik ibadah yang menjadi salah satu materi mata pelajaran Agama Islam. Tujuannya adalah melatih siswa dalam pemahaman tentang ibadah haji.

Kegiatan praktik manasik haji berlangsung selama tiga hari, meliputi pembekalan, gladi bersih, dan pelaksanaan yang dipandu langsung oleh Drs. H. Widodo dan H. Dasuki, S.Hut.
Saat pembekalan, peserta didik diberikan pengarahan mengenai tata cara serta rukun haji dan dilanjutkan dengan praktik pemakaian kain ihram.
Prosesi gladi bersih praktik manasik haji dilaksanakan dalam dua kloter agar peserta didik dapat mengikuti secara maksimal. Dengan bimbingan para pemandu, peserta didik diperkenalkan serta mempraktikkan rangkaian manasik layaknya pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya.
Dengan menggunakan pakaian ihram, peserta didik dan seluruh warga sekolah berkumpul di halaman sekolah untuk mengikuti upacara pembukaan praktik manasik haji. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan sesuai dengan tata cara dan persyaratan yang telah ditetapkan.

Selain untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 (K13), latihan manasik haji juga bertujuan agar siswa memahami rukun-rukun haji sejak dini. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai pengingat akan peristiwa nabi Ibrahim dan nabi Ismail yang menjadi teladan atas sifat disiplin, tanggung jawab, akhlak mulia, dan kesabaran. Kegiatan ini juga merupakan pendidikan karakter bagi siswa. Dengan mengenal proses pelaksanaan haji dan umrah, karakter religius siswa diharapkan akan terbangkitkan.                                                                                                                                                    Selain pemahaman teoritis, penting juga bagi siswa untuk memahami rukun dan ketentuan lainnya secara praktis dalam pelaksanaan haji. Bukan hanya menghafal bacaan dan doa, tetapi juga memahami rukun yang harus dilakukan secara fisik dalam pelaksanaan haji.                                                                                                                                                                                                                                              Dalam kegiatan ini, para siswa diperkenalkan pada urutan pelaksanaan ibadah haji, termasuk memulai ihram haji dari miqat, perjalanan ke Arafah, menuju Muzdalifah untuk mengambil kerikil, melanjutkan ke Mina untuk mabit, melempar jumrah di Jamarat, perjalanan ke Ka’bah untuk thawaf, melakukan sa’i dari Shafa ke Marwah, tahallul, dan thawaf wada.