Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

PASUKAN PEDULI LINGKUNGAN

PASUKAN PEDULI LINGKUNGAN, OSZAPO BERSIH-BERSIH LINGKUNGAN PASCA KIRAB BUDAYA

PONOROGO (SMPN 1) – Ada hal yang menarik dalam gelaran Kirab Pusaka dan Pawai Lintas Budaya. Tidak hanya karena penampilan Kirab Budayanya yang memukau masyarakat, melainkan juga gerakan peduli lingkungan yang dilakukan oleh peserta didik SMP Negeri 1 Ponorogo yang tergabung dalam OSIS SMP Negeri 1 Ponorogo Masa Bakti 2022-2023, Selasa sore (18/7/2023).

Temuan sampah masih santer didapati di sepanjang jalur lintasan Kirab Pusaka ini, tak terkecuali di depan gerbang SMP Negeri 1 Ponorogo. Tak tinggal diam, Pembina OSIS dan seluruh OSIS SMP Negeri 1 Ponorogo dikerahkan dalam kegiatan bersih-bersih mulai dari Jl HOS Cokroaminoto ke utara hingga sebelum perempatan Pasar Legi.

Kegiatan bersih-bersih tersebut dimulai pada pukul 16.00 WIB saat pasukan peserta Kirab Pusaka sudah lewat. Anggota OSZAPO dibagi menjadi beberapa titik agar mudah dalam pengoordinasiannya. Tiap anak dibekali perlengkapan tempur berupa sapu, keranjang sampah, sarung tangan, dan plastik sampah besar. Melalui gerakan pemungutan sampah dan bersih-bersih lingkungan tersebut, mendapat respon positif dari beberapa pedagang dan orang-orang juga turut tergerak mengikuti pembersihan tempat.

Gerakan serentak dalam waktu satu jam itu berhasil mengumpulkan sampah sejumlah limabelas trash bag besar. Limabelas trash bag tersebut diangkut truk yang dibawa oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ponorogo. Melihat dari produksi sampah selama perayaan kirab yang dapat terbilang cukup tinggi itu, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan juga belum cukup baik.

Melalui gerakan bersih-bersih lingkungan itu, harapannya peserta didik SMP Negeri 1 Ponorogo juga meningkatkan jiwa kepedulian terhadap lingkungan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk selalu merawat dan menjaga lingkungan. Berawal dari hal-hal kecil yang dibiasakan di lingkungan sekolah, dapat menjadi manfaat untuk lingkungan di sekitarnya.