Sabtu, 06 Juli 2024
Sekolah Menengah Atas

PERSIAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMAN 1  GODEAN

Salah satu isu utama dalam kurikulum merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi. Suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui beragam cara untuk mengakomodasi beragam latar belakang dan kebutuhan siswa dengan tujuan untuk menciptakan kesetaraan belajar bagi semua siswa dan menjembatani kesenjangan belajar antara yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi.

Untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah, SMAN 1 Godean menyelenggarakan workshop IKM Mandiri Berubah dengan materi Pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan dilaksaanakan Hari Jum’at 23 Juni 2023 bertempat di ruang rapat lantai 2 dengan diikuti semua guru SMA Negeri 1 Godean.

Narasumber dalam workshop IKM Mandiri berubah adalah Tim dari sekolah tiga bahasa SMA Budi Utama Yogyakarta. Sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum merdeka selama satu tahun pelajaran sehingga telah memiliki pengalaman dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Peserta mendapat sharing pengalaman dan praktik baik pembelajaran melalui pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri: Bapak R. Gunawan Susilowarno, M.Pd, ibu Sinta Ikawisudawati, S.Si dan ibu Dwi Ika Cahyaningsih, S.Kom.