Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

KEGIATAN PELEPASAN SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2023/2024

KEGIATAN PELEPASAN SISWA KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rabu, 8 Mei 2024, bertempat di halaman SMAN 1 Godean, diadakan kegiatan pelepasan siswa kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini diikuti oleh 142 siswa jurusan MIPA dan 72 siswa jurusan IPS yang telah menyelesaikan masa studynya selama 3 tahun di SMAN 1 Godean.

Turut hadir serta memberikan sambutan yakni, Kepala SMAN 1 Godean Bapak Surahman, S.Pd., M.Pd., pengawas manajerial sekolah Bapak Agus Priyantoro, S.Pd., M.Pd., serta Ketua Komite Sekolah Bapak H. Gatot Nugroho, S.Pt. Tak lupa acara ini juga dihadiri oleh orang tua/ wali murid kelas XII tahun pelajaran 2023/2024, Komite Sekolah Bapak Bapak Sugiyatna,S.Ag, Bapak Subardi, S.E., Bapak Joko Haryanto Panular, Bapak H.Imam Triono,S.Ag., M.Si., Ibu Ika An Nisa, S.Pd., Bapak Suryanto, dewan guru, serta staff tata usaha.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMAN 1 Godean, Bapak Surahman, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa pada tahun ajaran 2023/2024 ini siswa SMAN 1 Godean yang mengikuti ujian sebanyak 214 siswa dinyatakan lulus 100% dengan nilai yang cukup memuaskan. Beliau juga menyampaikan kebanggaannya atas keberhasilan siswa-siswi SMAN 1 Godean, pada tahun ini sebanyak 40 siswa sudah diterima di sejumlah PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Sebanyak 34 siswa diterima di Universits Gajah Mada, 5 siswa diterima di Universitas Negeri Yogyakarta, dan 1 siswa diterima di Institut Teknologi 10 Nopember.

Pada puncaknya dilaksanakan prosesi pelepasan, masing-masing siswa menerima kalungan samir dan stofmap berisi dokumen kelulusan, dimulai dari siswa-siswi berprestasi yang diberikan langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Godean, Bapak Surahman, S.Pd., M.Pd., dan dilanjutkan siswa-siswi pada tiap-tiap kelas yang diberikan oleh wali kelas masing-masing. Sekolah juga memberikan selempang prestasi dan penghargaan bagi siswa-siswi yang berprestasi, baik prestasi akademik dan non akademik

Pada tahun ini peringkat 1 program MIPA diraih oleh Daffa Naufal Yanuro dari kelas XII MIPA 1 dengan nilai 92,03 dan peringkat 1 program IPS diraih oleh Risa Rosanti dari kelas XII IPS 1 dengan nilai 91,10. Berikut adalah urutan peringkatnya:

 

Program MIPA:

Peringkat 1 : Daffa Naufal Yanuro (XII MIPA 1) dengan nilai 92,03

Peringkat 2 : Mei Putri Rahayu (XII MIPA 1) dengan nilai 91,58

Peringkat 3 : Hasna Armelia Putri (XII MIPA 3) dengan nilai 91,50

 

Program IPS:

Peringkat 1 : Risa Rosanti (XII IPS 1) dengan nilai 91,10

Peringkat 2 : Elky Tri Aanta (XII IPS 2) dengan nilai 90,74

Peringkat 3 : Nayla Nasywa Tustika Ardiansyah (XII IPS 1) dengan nilai 90,67.

 

Sedangkan untuk siswa berprestasi non akademik diraih oleh Abdillah Fattah Maula Zaki kelas XII IPS 1 dengan prestasi di cabang olah raga Panahan.

Prosesi pelepasan dilanjutkan dengan pembacaan janji alumni yang dipandu Nadhira Armaliya Putri dari kelas XII IPS 2 dan ditirukan oleh seluruh siswa kelas XII. Sesi yang tidak kalah menarik adalah ketika seorang siswa, Rio Rayyan Ghifari dari kelas XII IPS 2 menyampaikan pesan dan kesannya mewakili seluruh siswa kelas XII. Setelah itu, dilanjutkan dengan pidato perpisahan dari perwakilan kelas X dan XI yang dibawakan oleh Arjen Robben Almaghazy dari kelas XI MIPA 4. Selain itu, dipersembahkan pula nyanyian yang merdu dari perwakilan siswa: Gideon Lintang Kurniawan (XII MIPA 4).

Demikian serangkaian kegiatan pelepasan siswa kelas XII SMAN 1 Godean tahun ajaran 2023/2024 yang berjalan dengan lancar dan sukses. (Erni Dwi Yulianti)