Minggu, 05 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Kualitas Diri, Ini keuntungan Kuliah S2!

Tingkatkan Kualitas Diri, Ini keuntungan Kuliah S2!

Bagi sebagian besar orang yang sudah mengenyam pendidikan sarjana, mungkin berpikir sudah cukup untuk menjadi bekal mereka dalam berkarier. Nyatanya, kini banyak perusahaan yang lebih memilih Sumber Daya Manusia (SDM) dengan latar belakang pendidikan Strata II (S2) untuk mengisi posisi-posisi strategis. Fenomena itu sendiri bukanlah sebuah hal baru di kalangan bisnis. Mereka yang bergelar S2 pasti mendapat perhatian lebih ketimbang orang yang hanya berlatar pendidikan S1 dengan berbagai alasan dan faktor dari perusahaan.

Jumlah penduduk Indonesia menduduki posisi keempat terbesar di dunia. Namun, dari jumlah yang besar ini hanya 11,82 juta penduduk Indonesia yang merupakan lulusan Strata-1 (S1), berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2021. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat, hanya 822,47 ribu jiwa atau setara dengan 0,3% penduduk Indonesia yang berpendidikan hingga jenjang S2 pada Juni 2021. Jumlah ini masih sangat kecil untuk menuju negara middle up income (pendapatan menengah ke atas) untuk keluar dari gelar sebagai negara berkembang yang telah lama disandang Indonesia.

Masih ragu untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana? Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 2 (S2), baik secara personal maupun profesional. Berikut 5 keuntungan ambil kuliah S2!

  1. Lulusan S2 memiliki pengetahuan yang lebih dalam

Melanjutkan kuliah S2 membantu kemampuan akademis terus bertambah, Anda akan semakin banyak mendapatkan pengalaman belajar dan juga wawasan baik teori maupun praktiknya. Saat kuliah, wawasan yang diterima jadi lebih mendalam, bahkan bersifat kepakaran. Contohnya jika mengambil pendidikan S1 jurusan komunikasi dan melanjutkan S2 dengan mengambil jurusan yang lebih spesifik seperti konsentrasi manajemen media, ilmu yang lebih spesifik ini tentu saja akan dihargai di dunia kerja.

2. Mengembangkan Kemampuan Riset dan Analisis

Biasanya, kuliah S2 lebih banyak melakukan praktik di lapangan. Apalagi dengan durasinya yang singkat, yakni kurang lebih hanya 2 tahun. Maka dari itu, Anda akan lebih banyak dilatih melakukan riset dan analisis. Risetnya pun tidak sembarangan, Anda akan melakukan riset dan studi kasus yang benar-benar menjadi permasalahan pada bidang yang didalami.

Jadi, pada saat terjun di dunia karier, Anda sudah memiliki skill riset dan analisis yang baik, dan tentunya jadi terlihat bernilai di mata perusahaan, terutama jika Anda ingin mengambil peluang pekerjaan dengan posisi yang cukup tinggi seperti manajer atau kepala bagian.

3. Koneksi Luas

Banyak orang yang langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus S1. Setelah menganggap dirinya memiliki bekal kerja yang cukup, barulah mereka melanjutkan pendidikan S2. Oleh karena itu, kebanyakan mahasiswa S2 sudah memiliki pengalaman kerja di berbagai tempat. Inilah yang memungkinkan sesama antar mahasiswa S2 bisa saling bertemu dan berbagi pengalaman dengan orang-orang baru dari latar belakang pekerjaan yang berbeda.

Pendidikan S2 meningkatkan kapasitas untuk peluang kerja yang lebih baik, serta membangun koneksi lebih luas karena lingkungan pertemanan sudah mencapai ke berbagai macam sektor perusahaan.

4. Pola Pikir Lebih Matang

Selain faktor kedewasaan, keuntungan kuliah S2 yang sudah terbukti adalah memiliki pola pikir lebih matang karena faktor pendidikan. Apalagi jika selama kuliah S2, para pendidik akan mengasah skill berpikir logis data terstruktur. Latar belakang dan umur mahasiswa S2 juga sangat bervariasi jika dibandingkan dengan mahasiswa S1 sehingga kamu dapat belajar banyak hal dari semua kalangan yang sudah dewasa dan lebih punya banyak pengalaman.

5. Jabatan dan Gaji yang Meningkat!

Nah, ini dia yang paling menarik kalau lanjut kuliah S2! Anda bisa menjadikan pendidikan S2 sebagai batu loncatan. Dengan memiliki gelar magister, maka berpotensi memiliki posisi kerja dan gaji yang lebih tinggi daripada lulusan S1. Apalagi jika melanjutkan pendidikan S2 di universitas ternama seperti di Universitas Pelita Harapan (UPH)!

Mengapa Harus Lanjut Kuliah di UPH?

UPH Pascasarjana menyediakan Program S2 dan S3 bagi yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang profesional. UPH Pascasarjana berdiri dari tahun 1996 dan telah meluluskan lebih dari 5.000 alumni profesional. Saat ini, UPH memiliki sembilan program studi S2 dan dua program studi S3 dengan pilihan program studi yang relevan dengan masa sekarang, di antaranya Magister Teknik Sipil, Magister Manajemen, Magister Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Magister Hukum, Magister Kenotariatan, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Hubungan Internasional, Magister Teknologi Pendidikan, dan Magister Teknik Informatika, serta program Doktor Manajemen dan Doktor Hukum. Program studi yang disediakan pastinya siap memperlengkapi Anda untuk memenangkan kompetisi di dunia profesional saat ini.

UPH Pascasarjana adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda karena terletak di Semanggi, pusat kota Jakarta yang menjadi bagian dari kawasan segitiga emas. UPH Pascasarjana menyediakan kelas malam dan kelas akhir pekan, dan juga menghadirkan metode pembelajaran Multi-Fleksibel (M-Flex) Learning yang terdiri dari metode pembelajaran aktif sinkron dan asinkron, sehingga memberikan kemudahan untuk belajar di mana dan kapan saja.

Selain kurikulum berkualitas dan metode belajar yang fleksibel, UPH Pascasarjana juga menghadirkan sistem kuliah berdurasi hanya 18 bulan dan selesai dalam 3 semester saja! Selain itu, UPH memiliki koneksi yang kuat dengan industri dan mitra, serta mahasiswanya memiliki networking di dunia profesional dan kesempatan yang luas.

Dengan tenaga pengajar profesional dan praktisi yang ahli di bidangnya, UPH fokus menjawab tantangan karier di masa depan secara praktis, serta memperlengkapi para pemimpin dan eksekutif secara holistis. Komitmen UPH bukan hanya sekadar menghasilkan lulusan saja, tetapi menjadikan Anda para pemimpin masa depan Indonesia yang mampu bersaing di era digital.

UPH siapkan Anda sebagai pemimpin unggul yang mampu menjadi ‘The Great Achiever!’. Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultant 0812-8535-2278 atau daftar di sini.