Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Review Dokumen I

Review Dokumen I

Jumat, 04 Agustus 2023 — Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 7 Jember mengadakan rapat dengan agenda “Review Dokumen I Kurikulum” yang bertempat di Syaco Cafe Joglo Tegalan, Langkap, Kec. Bangsalsari. Rapat ini dihadiri oleh Kepala MTs Negeri 7 Jember, Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. dan
didampingi oleh waka humas, So’im, S.Pd.I dan tim pengembang kurikulum MTs Negeri 7 Jember yang dipimpin oleh Hermawan, S., S.Pd. Rapat ini melibatkan seluruh waka, dewan guru, dan staff MTs Negeri 7 Jember. Review dokumen I penting dilakukan untuk melakukan evaluasi kegiatan selama tahun pelajaran 2022/2023. Disamping untuk melakukan evaluasi kegiatan, review dokumen I perlu dilakukan untuk dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ditemui dalam 1 tahun pelajaran sehingga dapat disempurnakan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Dokumen I kurikulum merupakan salah satu dokumen yang dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan terkait dengan kurikulum, penilaian siswa, kenaikan kelas, kelulusan siswa, dan beberapa hal lainnya tentang MTs Negeri 7 Jember tertera pada dokumen I. Kegiatan diawali dengan pemaparan dokumen I oleh tim pengembang kurikulum yang disampaikan oleh Hermawan, S., S.Pd. yang kemudian ditinjau ulang dan disetujui oleh forum rapat. Oleh sebab itu, dalam rapat review dokumen I diperlukan partisipasi seluruh aggota rapat mulai dari waka, wali kelas, guru dan staff MTs Negeri 7 Jember untuk dapat terlibat dalam meninjau dokumen secara bersama-sama demi kemajuan madrasah. Jika memang sudah berjalan dengan baik maka diharapkan untuk kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.
“Di awal tahun ajaran baru ini, seperti yang telah disepakati bersama untuk perangkat pembelajaran agar segera diselesaikan. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal serta dapat memberikan keleluasaan bagi Bapak/Ibu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran” tegas Kepala MTs Negeri 7 Jember.

Adapun pembahasan dalam review dokumen I kurikulum meninjau ulang tentang dokumen visi dan misi madrasah, projek P5 & P2RA, ektrakurikuler, penentuan KKM, KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran), kriteria kenaikan kelas, kelulusan siswa kelas IX dan kalender pendidikan semester ganjil 2023/2024. Selain itu, dalam waktu dekat MTs Negeri Jember akan menindak lanjuti program madrasah adiwiyata. Sehingga seluruh kegiatan pembelajaran diharapkan dapat mengarah kepada program tersebut. MTs Negeri 7 Jember akan secara bertahap menyusun program kegiatan madrasah adiwiyata dan literasi untuk dapat menunjang kemajuan madrasah. Dengan adanya program madrasah adiwiyata diharapkan dapat menanamkan sikap pada warga sekolah untuk dapat lebih aktif dan kreatif dalam mengelola sampah menjadi benda yang lebih bermanfaat dan bernilai guna. Pada pukul 15.25 WIB, rapat review dokumen I kurikulum ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ma’ruf, S.Ag.

@femda