Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila IKM menuju Mandiri Berprestasi

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila IKM menuju Mandiri Berprestasi

Umbulsari – MTs Negeri 7 Jember melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘alamiin (P5P2RA) pada Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh Kelas VII dan Kelas VIII sebanyak 16 kelas. P5P2RA ini mengusung tema gaya hidup berkelanjutan dengan topik Apotik Hidup untuk kelas VII dan Botol Sampahku Tanggung Jawabku untuk kelas VIII. Proyek dilaksanakan mulai tanggal 4 – 15 September 2023.

Proyek pelajar pancasila ini bertujuan untuk mewujudkan program kurikulum merdeka dalam mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa. Proyek ini dilaksanakam oleh tim fasilitator yang terdiri dari koordinator tingkat madrasah dan koordinator tingkat kelas serta anggota. Tim fasilitator merancang pembelajaran pada P5P2RA ini dengan menentukan tema, topik, alokasi waktu, serta modul proyek.

Kegiatan pada hari pertama sampai dengan hari kelima adalah penyampaian materi sesuai dengan topik yang disampaikan oleh guru mata pelajaran yang bertugas. Kemudian pada hari keenam sampai dengan hari kesepuluh adalah praktik membuat produk atau pun melaksanakan sesuai dengan topik masing-masing kelas.

Pada proyek kali ini, kelas 7 disediakan lahan untuk membuat apotik hidup. Kelas 8 mengumpulkan dan memilah sampah untuk berkreasi membuat kerajinan dari limbah botol. Kriteria penilaian pada kegiatan proyek ini adalah nilai gotong royong, kreatifitas, dan laporan dari proyek. Diharapkan setelah proyek siswa mampu mengamalkan nilai-nilai kegotong royongan dengan sesama.

@olik