Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

LDK MTsN Surakarta 1 Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan dalam Organisasi

LDK MTsN Surakarta 1 Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan  dalam Organisasi

Surakarta-Sabtu-Minggu (23-24/09/23) telah dilaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di Korem 074/Warastratama untuk organisasi ekstrakurikuler yang ada di MTsN Surakarta 1. Organisasi yang mengikuti LDK ini diantaranya, OSIM, Paskidraska, Dewan Penggalang, PMR, Jurnalis, dan Fotografer yang berjumlah 143 siswa. Tujuan diadakannya kegiatan LDK adalah untuk melatih kepribadian setiap anggota organisasi agar menjadi seorang individu yang berkarakter, demokratis, kreatif, dan inovatif.

Upacara pembukaan diikuti oleh seluruh peserta, panitia, dan beberapa pasukan dari Korem Warastratama 074. Ltd Inf Wahyono bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Ltd Inf Wahyono menyampaikan pada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan LDK dengan penuh rasa tanggung jawab. ” Ikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab agar tujuan kegiatan ini dapat tercapai. Karakter disiplin, mental kuat dan tangguh, moral yang baik, patuh dan hormat pada orang tua dan bapak ibu guru agar kalian semua dapat menjadi generasi yang bermafaat bagi masyarakat dan bangsa, “papar Wahyono.

Setelah upacara pembukaan daiadakan serah terima dari pihak MTsN Surakarta ke pihak Korem 074/Warastratama. Pihak MTsN Surakarta 1 diwakili oleh Edi Hartanto, Waka Kesiswaan. “Kami serahkan 143 peserta LDK pada Tim Korem Warastratama untuk LDK untuk dilatih dengan sebaik-baiknya,”ucap Edi. Upacara serah terima selesai dan dilanjutkan dengan materi. Saat pelatihan, peserta mendapat berbagai latihan seperti baris-berbaris, materi kedisiplinan, kepemimpinan, bela negara dan wawasan kenegaraan. Kerasnya pelatihan di sana tak semata-mata menakut-nakuti tetapi juga agar mental peserta terbentuk menghadapi dunia yang lebih kejam. Kebugaran jasmani para siswa pun turut dilatih dengan melakukan senam dan bina fisik seperti jogging, sit up dan push up.

Di Minggu (24/09/2023) dini hari para siswa mengikuti kegiatan renungan (bimbingan mental) kegiatan ini diwarnai isak tangis peserta karena merenungkan pengorbanan kedua oreng tua untuk mereka. Tak berlarut-larut siswa langsung diarahkan menuju lapangan untuk melakukan kegiatan outbond wasbang, berbeda dengan biasanya, outbond kali ini akan lebih mengarah pada kebersamaan dan kepemimpinan antar tim. Wajah lelah dan sembab kini terganti dengan suka-ria canda dan tawa antara para siswa. “Semangat, senang, capek, rasanya jadi satu. Tapi kegiatan ini benar-benar seru dan luar biasa. Pengalaman pertama dan tak mungkin terlupakan. Semoga kami bisa jadi anggota organisasi yang punya jiwa kepemimpinan yang penuh rasa tanggung jawab. Terima kasih madrasahku sudah memberikan pelajaran dan pengalaman yang luar biasa ini,”tutur Hasna, Peserta LDK.

Kegiatan apel penutup menjadi tanda berakhirnya kegiatan LDK. Kegiatan ini diikuti dengan hikmat oleh seluruh peserta, pendidik, dan dipimpin oleh Letda Inf Wahyono serta Edy Hartanto. Kegiatan ini ditutup oleh serah terima kembali dari pihak Korem Warastrama 074 pada MTsN Surakarta 1. Dilanjutkan pamitan seluruh peserta dan panitia pada pihak Korem Warastratama 074 serta mengucapkan rasa terima kasih secara resmi dengan para pelatih . “Semoga dengan adanya kegiatan LDK ini, anak anak bisa menjadi generasi penerus emas bagi bangsa indonesia tercinta.”harap Letnan Inf Wahyono dalam amanatnya. (Hasna/Diana)