Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MANASIK HAJI SARANA EDUKASI SISWA

MANASIK HAJI SARANA EDUKASI SISWA

Manasik Haji Sarana Edukasi Siswa
Surakarta-Kamis, (22/2/2024 MTsN Surakarta 1 mengadakan kegiatan Manasik Haji di Embarkasi Haji, Donohudan. Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 sampai selesai dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 8 didampingi wali kelas dan guru pembimbing. Manasik haji merupakan kegiatan tahunan karena merupkan pembelajaran praktik mapel Fikih kelas 8.
Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kamad. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa anak- anak diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. “Ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Semoga kalian semua dapat melaksanakan ibadah haji maupun umrah ke tanah suci nantinya. Maka dari itu janganlah jadikan panas ini sebagai alasan atau rintangan,”pesan Nurul. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan praktik Manasik Haji. Selain itu, Nurul juga menyampaikan manfaat dari kegiatan Manasik Haji ini dapat mengedukasi siswa dalam pelaksanaan haji dan umroh yang sesungguhnya.
Setiap kelas maju satu-persatu sesuai dengan urutan undian yang telah dilakukan sebelumnya pada pukul 07.00 WIB. Pukul 07.30 para siswa dari kelas 8A mulai berbaris untuk melakukan rangkaian kegiatan manasik haji ditemani oleh wali kelasnya. Acara dipandu oleh Ibu Sri Innayati pengampu Mapel Fikih dalam pembacaan doa serta rangkaian urutan dari kegiatan Manasik Haji ini. Setelah Kelas 8A maju dilanjutkan oleh kelas yang lain.
Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan bertawaf mengelilingi replika Ka’bah sebanyak tujuh putaran sembari membaca bacaan talbiyah kemudian dilanjutkan dengan Sa’i dari replika bukit Shafa menuju Marwa. Setelah itu siswa berkumpul di depan masjid layaknya sedang melaksanakan tahalul kemudian kembali ke masjid seolah sedang MABIT. Setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaan lempar jumroh dimana masing-masing siswa telah membawa kerikil sebanyak 28 butir dari rumah masing-masing.
Kegiatan Manasik Haji diakhiri dengan penentuan juara dari kelompok yang paling tertib dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ini. Seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dengan tertib meskipun ada beberapa keseruan yang terjadi saat pelemparan jumrah. “Acara yang paling seru itu menurutku pas lempar jumroh Kak, soalnya tadi ada yang ga sengaja kena temennya,”tutur Batrisyia Chandra Aida dari kelas 8C sembari tertawa bersama temannya.

  1. “Alhamdulillah kegiatan Manasik Haji tahun ini berjalan lancar. Wali kelas, guru pendamping dan siswa kelas 8 sudah memahami rangkaian kegiatan karena sebelumnya sudah diadakan gladi bersih di madarasah pada Rabu (21/02/2024),”jelas Sumarno, Ketua Kegiatan Manasik Haji (Tim Jurnalis/Diana)