Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Skrinning Kesehatan MTsN Surakarta 1 sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan

Skrinning Kesehatan MTsN Surakarta 1 sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan

Puskesmas Manahan mengadakan Skrinning Kesehatan Anak Sekolah dan Remaja di MTsN Surakarta 1. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (05/10/2023) pukul 08.00 sampai selesai di Ruang UKS. Sasaran skrinning seluruh siswa kelas 7 yang berjumlah 316 siswa. untuk kelas 7, sejak pukul 08.00 – selesai. Siswa kelas 7 mengikuti skrining secara bergiliran. “nPemeriksaan dalam skrining ini imeliputi pemeriksaan gigi, mata, telinga, gula darah, dan HB (hemoglobin), serta edukasi minum tablet tambah darah dan Germas (Gerakan masyarakat sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur)”, tutur Dr. Gigih Ratna Dewi,Ketua Pelaksana Skrining.
Kegiatan Skrining Kesehatan ini merupakan program Kerjasama Puskesmas Manahan dengan MTsN Surakarta 1 yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit apabila ada permasalahan umum, seperti permasalahan yang sering ditemui yaitu gigi berlubang, buta warna, dan permasalahan psikis. Skrinning Kesehatan ini memiliki banyak manfaat contohnya dapat mengetahui kondisi kesehatan siswa dan dapat segera mendapat tindakan lebih lanjut apabila terdeteksi memiliki riwayat suatu penyakit. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang untuk memberikan informasi tambahan tentang Kesehatan. Skrining Kesehatan ini merupakan salah satu program dalam upaya mewujudkan madrasah sehat. Madrasah bisa dikatakan sebagai madrasah sehat apabila semua aspek fisik madrasah aman dan bersih melalui penyediaan aspek-aspek seperti lingkungan yang menarik, tempat sampah memadai, Ruang UKS yang berfungsi, fasilitas cuci tangan, dan kantin yang dirancang dengan baik.
Reaksi siswa kelas 7 yang mengikuti skrining Kesehatan bermacam-macam ketika proses pengecekan darah. “Ada siswa yang menangis, ada yang biasa saja, dan ada juga yang agak kaget”, ucap Sofi, Kelas 7D. Satu persatu siswa-siswi diperiksa dengan teliti oleh petugas dari Puskesmas Manahan. Apabila hasil pemeriksaan ada yang bermasalah Puskesmas akan membantu menindak lanjuti apabila masalah tersebut. “Alhamdulillah setelah adanya Program Skrinning ini sangat membantu dalam mendeteksi permasalahan kesehatan siswa. Sehingga penurunan jumlah anak yang sakit. Hal ini dapat dibuktukan dengan melihat presensi kehadiran siswa. Dengan pemberian informasi tentang kesehatan melalui program ini, para siswa lebih peduli pada gaya hidup sehat. Anak-anak mulai mengurangi junk food dan minuman manis. Dengan pengurangan tersebut, Alhamdulillah siswa MTsN Surakarta 1 tentunya akan lebih sehat”, jelas Dewi Nurjannah, Sie UKS.
“Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya program ini. Madrasah sangat