Minggu, 12 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNJA dan BKS-PTN Barat Sepakati KKN Bersama 2024 Diikuti Mahasiswa Internasional

UNJA dan BKS-PTN Barat Sepakati KKN Bersama 2024 Diikuti Mahasiswa Internasional

JAMBI,- Universitas Jambi (UNJA) bersama BKS–PTN Barat lakukan Rapat Kerja Nasional Tahunan Forum Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangka agenda rutin untuk mendiskusikan dan menetapkan tuan rumah pelaksanaan KKN Bersama tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, hari pertama dilaksanakan di Hotel Aston pada Selasa 07 November 2023, hari kedua dilaksanakan secara hybrid di Ruang Rapat Senat UNJA Mendalo Lantai III, pada Rabu 08 November 2023.

Rapat ini bertujuan untuk melakukan revitalisasi KKN Bersama BKS-PTN Barat, melakukan pemilihan personalia pengurus forum KKN bersama BKS-PTN Barat Periode 2024-2026, dan penetapan tuan rumah pelaksana KKN Bersama tahun 2024.

Hari pertama dilakukan serangkaian kegiatan yang dimulai dengan Welcome Dinner menyambut kedatangan peserta Rapat Kerja BKS-PTN Barat, kemudia dilanjutkan pada hari kedua dengan dilaksanakannya rapat kerja bersama BKS-PTN Barat.

Kegiatan rapat dihadiri oleh Rektor Univeritas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ketua LPPM UNJA Dr. Ade Octavia, SE, MM, dan mendatangkan langsung 2 narasumber, Sekretaris Eksklusif BKS-PTN Barat Dr. Ir. H. Entis Sutisna Halimi, M.Sc., dan Guru Besar Universitas Riau Prof. Dr. H. Almasdi Syahza, SE., MP., rapat kerja nasional ini dimoderatori oleh Tri Imam Munandar, S.H., M.H, serta dihadiri oleh para petinggi di lingkungan Universitas Jambi, dan penggelola KKN BKS-PTN Barat yang berasal dari 16 Universitas di Wilayah Barat.

Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan harapan beliau kedepannya dengan adanya kegiatan rapat forum kuliah kerja nyata.

“Kegiatan ini sangat membangun kebersamaan kita bersama dan tentunya perlu kita tingkatkan dalam rangka capaian pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam memberikan kebebasan kepada mahasiswa kita untuk belajar dilapangan yang luas, dengan harapan mahasiswa akan lebih maju dan lebih baik lagi,” ungkap Prof. Sutrisno.

Ketua LPPM UNJA Dr. Ade Octavia, SE, MM., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya dengan diadakannya rapat.

“Sprit kebersamaan dan kekeluargaan ini menjadi ciri khas dari KKN bersama, maka kehadiran bapak, ibu semua memberikan suatu penghormatan dan apresiasi yang sangat positif bagi Universitas Jambi. Harapannya kita bisa bekerja sama dan maju bersama-sama untuk semakin kuat dalam meningkatkan keberadaan perguruan-perguruan tinggi, khususnya di wilayah BKS-PTN Barat,” kata Dr. Ade Octavia.

Adapun hasil dari kegiatan rapat ini, belum ditetapkannya tuan rumah pelaksana KKN Bersama tahun 2024 tetapi dalam rapat disepakati bentuk KKN nya, yaitu KKN Bersama tetap dilaksanakan namun direncanakan mahasiswanya mahasiswa Internasional.

Kemudian program KKN-Bersama perlu terus dilanjutkan sebagai program unggulan Mandatori BKS-PTN Barat dengan model pelaksanaan regular setiap tahun, diselenggarakan mandiri oleh PTN anggota BKS-PTN Barat, namun bersifat terbuka untu dapat diikuti oleh mahasiswa Indonesia dan Mancanegara. Selanjutnya Forum KKN bersama BKS Barat juga diharapkan menjadi inisiator untuk mengusulkan kepada pimpinan BKS-PTN Barat.

Kegiatan dilanjutkan dengan wisata ke Candi Kedaton, mengunjungi salah satu program MBKM KKN Tematik di Desa Laboratorium Terpadu Universitas Jambi, kemudian dilanjutkan dengan santap malam di kediaman warga yang berada di seberang kota Jambi secara tradisi yaitu makan baidang kemudian dilanjutkan dengan ramah tama, dan ditutup dengan berwisata ke Gentala Arasy.

Silvia Yuliansari Asril / Fara / Annisa / HUMAS