Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Perkuat Kemitraan Strategis Internasional,  UT dan UNED Tandatangani MoU pada ICDE World Conference 2023

Perkuat Kemitraan Strategis Internasional,  UT dan UNED Tandatangani MoU pada ICDE World Conference 2023

Menyediakan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia telah menjadi tujuan utama dari Universitas Terbuka (UT) sejak pertama didirikan oleh pemerintah pada tahun 1984. Tujuan besar ini akan sulit tercapai jika UT tidak berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitasnya dan juga memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam dan luar negeri.   UT telah memulai kerjasama dengan Universidad Estatal a Distancia (UNED) melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Kamis, 9 November 2023, pukul 15.00 waktu San Jose, Costa Rica. Sebagaimana diketahui UNED sebagai tuan rumah penyelenggaraan ICDE World Conference 2023. Acara penandatanganan MoU berlangsung secara khidmat dan hangat di Limón Room, Centro Convenciones – Costa Rica yang dihadiri oleh perwakilan penting dari kedua universitas tersebut.

Acara pendandatanganan nota kesepahamaan tersebut menandai langkah signifikan UT dalam kolaborasi internasional di bidang Tri Dharma perguruan tinggi. Dr. Rodrigo Arias Camacho yang merupakan Rektor UNED hadir secara langsung sebagai penandatangan. Dr. Arias Camacho menyampaikan bahwa penandatanganan MoU dengan UT akan memperkuat kerja sama internasional bagi UNED dan tentu saja menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dr. Velia Govaere yang merupakan Director Internationalization and Cooperation mendampingi Dr. Arias Camacho sebagai saksi.

Dari UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. – Rektor Universitas Terbuka bertindak sebagai penandatangan dokumen MoU. Prof. Ojat menegaskan komitmen UT untuk meningkatkan hubungan kolaboratif dengan universitas dan lembaga/institusi internasional sebagai salah satu langkah strategis untuk memperkokoh jejaring internasional dan eksistensi UT di kancah global. Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. – Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum turut mendampingi Prof. Ojat sebagai saksi. Nota kesepahaman ini mencakup berbagai bidang kerja sama, yaitu, pendidikan, penelitian kolaboratif, pengabdian kepada masyarakat, pertukaran dosen dan mahasiswa. Dengan penandatanganan MoU ini, UNED dan UT berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan membuka peluang baru untuk pertukaran ilmu pengetahuan, pengalaman, dan inovasi khususnya di bidang pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh antara kedua universitas.