Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Benchmark Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh, Delegasi Komisi Pendidikan Tinggi Filipina (CHED) Kunjungi UT

Benchmark Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh, Delegasi Komisi Pendidikan Tinggi Filipina (CHED) Kunjungi UT

Universitas Terbuka (UT) senantiasa mendukung usaha pemerintah dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di mana pun berada, baik di dalam dan luar negeri. Dalam memperlancar penyelenggaraan pendidikan tinggi berkualitas tanpa batas tersebut, UT selalu menggalakkan penjalinan kerja sama dengan berbagai pihak. Untuk itu UT menerima kunjungan dari Kantor Regional CHED (CHEDRO) Philippines pada hari Kamis, 14 Desember 2023 bertempat di ruang Candra Gedung Prof. Lantai Setijadi 1. Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis UT, Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. menerima para tamu dengan hangat didampingi oleh Wakil Dekan III FEB, perwakilan ICE Institute, Kepala Kantor Penjaminan Mutu, dan para staf ahli Wakil Rektor, serta para dosen.
Sebagai pembuka, Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis UT, Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. memaparkan tentang visi, misi, dam latar belakang mengapa didirikan Universitas Terbuka sebagai penyelenggara pendidikan tinggi terbuka jarak jauh (PTTJJ). UT selalu berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas manajemen dan layanan pendidikan melalui perbaikan dari tahun ke tahun telah membawa perubahan signifikan terhadap kualitas manajemen dan layanan terkini yang dijalankan oleh UT. Perkembangan ini telah mendapat beberapa pengakuan baik secara nasional maupun internasional, dengan tujuan meningkatkan akses layanan pendidikan tinggi melalui pencapaian 1 juta mahasiswa. UT perlu terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan terbaiknya pada seluruh lini, termasuk di seluruh UT daerah maupun layanan luar negeri.
Tujuan kunjungan delegasi dari Komisi Pendidikan Tinggi Filipina (CHED) kali ini yaitu dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran untuk memperluas kemitraan dan kolaborasi di bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi jarak jauh. Diharapkan kunjungan ini dapat memberi dampak positif antara laim dalam hal peningkatan kolaborasi, kemitraan, dan sebagai salah satu Langkah promosi pada lingkup internasional.

Delegasi dari Komisi Pendidikan Tinggi Filipina (CHED) diantaranya Lesele O. Condeza – IZN Focal, MIMAROPA, Rachel Casimero – IZN Focal, Region 5, Catherine O. Iglesias – IZN Focal, Region 8, Arlita Amapola B. Minguez – Region 10/CHED, Amalia Seranno – Senior Office, Theodore Soukotta – Project Officer, – IZN Focal, Region 5. Selanjutnya dilakukan sesi diskusi mendalam antara delegasi dengan para narasumber tentang tema-tema antara lain bagaimana proses Pembelajaran melalui online learning, juga tentang program implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan demikian delegasi dari CHEDRO Philippines mendapat potret pengembangan inovasi pembelajaran jarak jauh UT baik dari aspek desain pembelajaran, ekosistem, sistem, dan praktik layanan bahan ajar secara menyeluruh.

Acara pun dilanjutkan dengan ramah tamah, serta kunjungan ke berbagai unit, yaitu ke P2BAM dan ICE Institute. Pertemuan ini menjadi wadah penting untuk berbagi pengetahuan, merangsang lahirnya berbagai inovasi, dan mempromosikan kolaborasi yang lebih erat antar dua institusi.