Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Sangat Inspiratif, Profesor dan Doktor Kuliah S1 UT dan Menjadi Wisudawan Kehormatan

Sangat Inspiratif, Profesor dan Doktor Kuliah S1 UT dan Menjadi Wisudawan Kehormatan

Wisuda adalah upacara peneguhan atau pelantikan sebagai penanda kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Wisuda, adalah hasil akhir yang ditunggu-tunggu bahkan wisuda merupakan momen yang paling berharga bagaimana seseorang lulusan memakai toga dan mendapat ucapan selamat dari pimpinan universitas serta mendapat ijazah.

Ada yang sangat menarik dari acara Wisuda Universitas Terbuka (UT) Pusat Periode I Wilayah 1 Tahun Akademik (TA) 2023/2024. Spektakuler, lulusan UT memang beragam, kini Pejabat tinggi negara,  Guru Besar, juga dosen pun menjadi wisudawan UT Periode I Wilayah 1 TA 2023/2024. Ini membuktikan bahwa UT solusi tepat bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kualifikasi dan kompetensi diri dengan berkuiah di UT.

Kegiatan Wisuda UT Periode I Wilayah 1 TA 2023/2024 pada Selasa, 14 Nopember 2023 yaitu terdapat momen istimewa Penyerahan Ijazah oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. kepada 3 (tiga) Wisudawan Kehormatan yaitu:

  1. Prof. Dr. Agus Joko Pramono, M.Acc., Ak., CA., CSFA., CPA., CRFA., QGIA., Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Periode Oktober 2019-Agustus 2023, yang lulus dari S1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FHISIP) dari UT Jakarta. Yang menarik dari beliau adalah dukungan positif terhadap UT. “UT adalah universitas masa depan dengan UT adalah satu-satunya universitas yang menjalankan digital transformasi secara masif. Artinya, di UT bisa belajar tanpa kenal ruang waktu, di mana dan kapan saja. Sebagai mahasiswa saya bisa menyisihkan waktu sehabis bekerja untuk berkomitmen menyelesaikan studi,” ujar Prof. Agus.
  2. Prof. Nandang Alamsyah  Deliannoor, SAP mH S Hum Guru Besar Ilmu Hukum Tata Pemerintahan yang lulus dari S1 Program Studi Ilmu Administrasi Negara FHISIP dari UT Bandung dimana beliau saat ini juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Pemerintahan dari FISIP Univeristas Pjadjaran (Unpad). Yang menarik dari beliau adalah tanggapan positif terhadap UT sebagai penyelenggara pendidikan berbasis teknologi. Prof. Nandang juga mengapresiasi UT sebagai salah satu role model universitas yang memaksimalkan pendidikan jarak jauh, terutama ketika masa pandemi di tahun 2020 lalu.

“Sebagai universitas masa depan UT berhasil menjadi role model dari pendidikan jarak jauh karena lebih siap melakukan kegiatan perkuliahan. Bahkan, UT makin menunjukkan digitalisasi yang melebihi institusi lainnya,” ujar Prof. Nandang.

  • Dr. Andree Harmadi Algamar, Sekretaris Daerah Kota Padang, yang lulus dari S1 Program Studi Ilmu Hukum FHISIP dari UT Padang dimana beliau pada tahun 2023 juga telah meraih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN. Yang menarik beliau punya prinsip untuk mengembangkan  pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan pemerintahah yang baik, serta menjauhkan rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan dengan menggunakan ilmu padi “semakin berisi akan semakin merunduk”.

Banyak hal yang dapat dipetik dari para wisudawan kehormatan tersebut yang dapat menginspirasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat atas keberadaan UT. Yaitu di antara kesibukan sebagai pejabat atau pun sebagai dosen/guru besar, namun beliau-beliau masih menyempatkan waktu untuk peningkatan kualifikasi dan kompetensi diri dengan kuliah di UT dan mengambil jejang Program S1. Artinya mereka terus mengembangkan secara optimal bidang keilmuan yang mereka geluti untuk mendapatkan perspektif pengambilan keputusan manajerial yang komprehensif.

Dari sini dapat dimaknai bahwa para wisudawan UT yang telah berhasil menyelesaikan studi dengan baik, adalah bukan semata hanya karena kemampuan akademis, tapi juga karena perjuangan atas sikap kemandirian, kerja keras, dan pengaturan diri yang luar biasa. Mahasiswa dituntut untuk pandai membagi waktu, membagi perhatian dan tenaga, membangun motivasi yang tiada henti sampai bisa lulus kuliah.

Wisuda kali ini mengambil tema “Bergerak Melayani Bangsa Bersama UT PTNBH”. Tema tersebut sangat relevan – seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka (PTNBH-UT). Keberhasilan UT meraih PTNBH, semakin memperteguh komitmen UT sebagai pelopor perguruan tinggi jarak jauh (PTJJ) yang mempunyai peran strategis dalam peningkatan akses pendidikan tinggi di Indonesia. Untuk itu setiap pegawai UT harus terus semangat, bergerak  bersama dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada dalam mendukung peningkatan kualitas layanan kepada seluruh stake holder yang ada.

Momen spesial lainnya yaitu wisuda kali ini meluluskan jumlah yang sangat banyak. Yaitu sebanyak 1.957 wisudawan dari mulai jenjang sarjana S1, dan pascasarjana yang hadir dari seluruh penjuru negeri. Yang tidak kalah spesial yaitu terdapat dua wisudawan dengan IPK terbaik yang lulus dengan predikat kelulusan Dengan Pujian yaitu diraih oleh:

  1. Rika Sandi Arianto (Program Magister S2, NIM 530075474), Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris dari UT Jember dengan IPK 4,00;
  2. Bob Herry Indawan (Program Sarjana (S1, NIM 042482008), Program Studi lmu Hukum dari UT Yogyakarta dengan IPK 4,00;

Wisuda merupakan yang sangat berharga bagi para pejuang yang telah berdedikasi dan bekerja keras menyelesaikan studinya selama berkuliah di UT untuk meraih gelar sarjana demi masa depan yang lebih gemilang. Semoga lulusan UT dapat Dalam suasana siap melangkah ke babak baru dalam perjalanan akademis dan profesional mereka untuk terus membanggakan almamater dengan berperan membangun bangsa di segala sektor demi kemajuan negeri Indonesia.