Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kuat Dalam Produksi dan Layanan Bahan Ajar, UT Dikunjungi Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan UNESA

Kuat Dalam Produksi dan Layanan Bahan Ajar, UT Dikunjungi Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan UNESA

Sebagai perguruan tinggi yang menerapkan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ), Universitas Terbuka (UT) siap memberikan akses dan layanan pendidikan tinggi seluas-luasnya  kepada masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air dan luar negeri. Terlebih sejak munculnya Pandemi Covid-19 pada Maret 2020, sampai sekarang pun banyak perguruan tinggi dan instansi lainnya yang menjadikan UT sebagai tempat menimba perihal pembelajaran jarak jauh, termasuk dalam hal praktik baik teknologi pendidikan di UT khususnya terkait bahan ajar.

Pada Selasa 15 September 2023, UT menerima kunjungan sejumlah dosen dan para mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan pimpinan rombongan Koordinator Program Studi S2 TP UNESA Dr. Andi Mariono, M.Pd. yang mewakili Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Rombongan UNESA hadir di UT untuk melakukan studi banding terkait pengembangan dan layanan bahan ajar yang telah lama berbasis kaidah teknologi pendidikan sejak UT didirikan.

Kunjungan diterima oleh Dr. Maya Maria, M.M. Kasubdit Pemasaran dan Kerja Sama yang mewakili Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis. Dalam sambutannya Bu Maya menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran dari rombongan UNESA yang dalam hal ini ingin mempelajari bagaimana UT mengimplementasikan produksi dan layanan bahan ajar dengan berkunjung ke Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia (P2BAM) dan Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba) UT, kemudian dilanjut berkunjung ke Indonesia Cyber Education Institute (ICE-I). Bu Maya menambahkan bahwa para mahasiswa S2 TP UNESA bisa melihat praktik baik produksi dan layanan bahan ajar UT sebagai insight untuk penulisan tugas akhir mereka terkait teknik pembelajaran digital learning.  Dalam sapaan awal, Bu Maya menyampaikan kesamaan UT dan UNESA yang pada Oktober 2022 sama-sama mendapat SK Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) sehingga bisa saling belajar terkait peningkatan kualitas tata kelola organisasi, termasuk tata kelola penguatan layanan akademik khususnya terkait bahan ajar.

Dr. Andi Mariono, M.Pd. Koordinator S2 TP UNESA, menyampaikan bahwa UNESA berkunjung ke UT karena UT pionir penyelenggara pendidikan tinggi jarak jauh dan terdepan dalam inovasi penerapan teknologi pendidikan di tanah air. Beliau menambahkan kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktik baik produksi dan layanan bahan ajar UT kepada mahasiwa S2 TP UNESA dalam pengembangan tugas akhir mereka. Dengan demikian para mahasiswa UNESA pun akan mendapat potret pengembangan inovasi pembelajaran jarak jauh UT baik dari design, ekosistem, sistem, dan praktik layanan bahan ajar secara menyeluruh. Pak Andi menyampaikan bahwa UT dan UNESA telah lama bekerja sama dimana dosen-dosen UT banyak yang menulis bahan ajar, menjadi tutor online learning, serta menjadi penilai Tugas Mata Kuliah (TMK) mahasiswa UT. Selanjutnya, rombongan dosen dan mahasiswa S2 TP UNESA berkunjung ke P2BAM dan Puslaba. Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa UNESA pun antusias bertanya-tanya hal praktik baik produksi dan layanan bahan ajar termasuk layanan multi media. Dengan kunjungan studi banding ini diharapkan ke depannya UT dan UNESA makin unggul dalam layanan pembelajarannya. Apalagi UT akan membuka S2 Teknologi Pendidikan yang akan ditawarkan sekitar tahun 2026. Bersama berkembang, berkarya menjadi pagar bangsa untuk meningkatkan pendidikan tinggi di tanah air dalam mendukung pembangunan tanah air tercinta menuju Indonesia Maju.