Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAHA melalui Organisasi Sekolah Galang Donasi untuk Korban Bencana Banjir Demak

SMAHA melalui Organisasi Sekolah Galang Donasi untuk Korban Bencana Banjir Demak

Organisasi di SMAHA yang terdiri dari OSIS, Askar, Rohis, PMR, dan Dewan Ambalan menggalang donasi untuk korban bencana banjir Demak. Kegiatan ini  dimulai dari tanggal 12-16 Februari 2024. Dana yang terkumpul disatukan dengan unit-unit lain di bawah naungan Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah dan ditasarufkan pada Kamis, 22 Februari 2024 melalui YDSF (Yayasan Dana Sosial al-Falah). Kegiatan ini diwakili oleh beberapa siswa pada setiap unit yang didampingi oleh Ibu Suci, Kadiv Humas Lembaga Islam Hidayatullah Semarang.

Pentasarufan donasi ini kami tujukan ke Desa Ketanjung. Sesampainya di sana, kami disambut baik oleh Pak Kasmadi, selaku ketua takmir masjid Baitul Muttaqin. Setelah itu, kami diajak berkeliling secara langsung melihat keadaan Desa Ketanjung. Terlihat, sebagian warga desa sedang membersihkan perabotan pascabanjir di halaman rumah mereka. Bahkan, beberapa rumah juga masih tergenang air banjir. “Hari Rabu, air mulai masuk ke daerah desa kami. Tanggul sudah jebol. Air banjir semakin tinggi. Pada akhirnya, pada hari Kamis kami menyerah dan memutuskan untuk mengungsi,” jelas Pak Kasmadi.

Di lokasi banjir juga terlihat relawan lain yang juga turun tangan untuk membantu membersihkan meja dan kursi yang sempat terendam banjir. “Speaker, lampu, serta beberapa perabotan masjid menjadi tidak berfungsi akibat genangan air yang memasuki masjid,” tutur Pak Kasmadi.

Bu Suci berharap, semoga bantuan dari kami (Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah) dapat membantu dan bermanfaat bagi warga desa, serta diberi kesabaran. Kegiatan ini memberikan pengalaman positif kepada siswa untuk lebih peduli, berjiwa sosial, dan empati terhadap saudara-saudara kita yang terdampak banjir.

Penulis : Alya Syafira. PMR SMAHA.

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.