Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Kafilah Dakwah 2024: Tebarkan Kebaikan di Bulan Ramadhan

Kafilah Dakwah 2024: Tebarkan Kebaikan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan. Banyak orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dalam bulan penuh rahmat ini. Salah satu kegiatan kebaikan yang dilaksanakan SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) yaitu Kafilah Dakwah. Tahun ini, kafilah digawangi oleh Rohis dan OSIS SMAHA. Kafilah Dakwah tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Ilmu dan Iman di Bulan Ramadhan”.

 Mengangkat tema “Meningkatkan Ilmu dan Iman di Bulan Ramadhan”, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang makna Ramadhan sebagai wadah upaya untuk selalu meningkatkan kualitas keimanan, menumbuhkan rasa ukhuwah islamiyah yang tinggi dan syiar SMAHA kepada masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, mulai pukul 16.00-17.30 WIB, Tempat yang dituju dalam Kafilah Dakwah tahun ini yaitu SMPN 10, SMPN 21, SMPN 26, SMPN 27, dan beberapa TPQ di daerah Banyumanik. 

Melalui kegiatan ini, ini anak-anak Rohis dan Osis dapat mengamalkan sedikit ilmu agama yang mereka dapat di sekolah kepada masyarakat sekitar.  Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat ukhuwah”, tutur Ibu Latifah, S.Pd.I., selaku pembina Rohis.

Setiap hari, kegiatan Kafilah Dakwah dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan lantunan ayat suci Al Quran yang dilantunkan oleh pengurus Rohis SMAHA. Materi yang disampaikan setiap harinya berbeda, seperti  materi tentang keutamaan bulan Ramadhan, pengenalan kosakata bahasa Arab, sejarah Islam, pemutaran film Islami, dan masih banyak lagi. Kemudian kegiatan ditutup dengan kuis dan didapatkan tiga pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah yang menarik.

“Alhamdulillah kegiatan Kafilah Dakwah yang dilaksanakan oleh SMA Islam Hidayatullah ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMPN 27. Mereka sangat senang dan berpartisipasi dalam mengikuti rangkaian kegiatan”, tutur Kepala SMPN 27 Semarang, Drs. Umar.