Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Halal Bi Halal SMAHA : Sucikan Diri dan Hati dengan Silaturahmi

Halal Bi Halal SMAHA : Sucikan Diri dan Hati dengan Silaturahmi

Guru, karyawan, dan siswa SMAHA (SMA Islam Hidayatullah)  mengadakan kegiatan Halal Bi Halal di aula SMAHA, Jumat (19/4/2024). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setelah libur lebaran sekaligus menjadi puncak penutupan event Ramadhan yang digelar oleh Rohis SMAHA.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan saritilawah oleh R.M. Hervindra Pasha (XI 1) dan Fadilah Intan (XI 3). Tak lupa, anggota Rohis memberikan penampilan drama musikal yang memukau. 

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., mengucapkan minal aidin walfaizin. Beliau mengajak warga SMAHA untuk mempererat tali silaturahmi. “Mari kita gunakan momen ini untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan, karena dengan memaafkan akan melegakan hati”, tambah beliau. 

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Sucikan Diri dan Hati dengan Silaturahmi”,  Habib Najib Al Munawwar hadir sebagai pendakwah di sesi tausiah. Beliau mengajak para hadirin untuk menengok kembali amalan yang sudah kita lakukan selama bulan Ramadhan kemarin. Untuk menjaga tali persaudaraan kita agar tidak putus, kita harus memiliki husnul khuluq (akhlaq yang terpuji). Beliau memberikan tips menurut Rasulullah agar kita mendapatkan Aklhaq yang terpuji bisa dilakukan dengan tiga cara, pertama memaafkan orang yang berbuat dzolim, menyambung tali persaudaraan kepada orang yang memutus silaturahmi, dan memberi kepada orang lain yang tidak mau memberi kepada orang lain.

 Maka dari itu beliau mengajak para warga SMAHA untuk mempererat tali silaturahmi, selalu menjaga silaturahmi, serta meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat. “Mari di momen mulia Idul Fitri ini kita saling memaafkan satu sama lain, karena pada hakikatnya Idul Fitri artinya adalah manusia kembali ke awal semula diciptakan (masih bersih)”, tambah beliau.

Kegiatan Halal Bi Halal ini ditutup dengan Mushofaah antarwarga SMAHA dan diiringi Sholawat oleh salah satu guru BAQ SMAHA, Ustadz Nanang Kosim. Semoga melalui silaturahmi ini, ibadah para warga SMAHA selalu diterima oleh Allah serta dapat dipertemukan dengan Ramadhan-Ramadhan selanjutnya.