Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Targhib Ramadhan: Siapkan Diri, Sambut Bulan Kemenangan

Targhib Ramadhan: Siapkan Diri, Sambut Bulan Kemenangan

Untuk menyambut bulan Ramadhan 1445H, ROHIS SMAHA menggelar Targhib Ramadhan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow ini dilaksanakan pada  Jumat, 8 Maret 2024 di ruang aula lantai 1. Tema yang diangkat yaitu “Sambut Bulan Penuh Ampunan dengan Hati yang Lapang”.

Kegiatan diawali pembacaan ayat suci Al Quran oleh RM. Hervindra P (XI-1) dan tilawah oleh Fadilah Intan (XI-3). Dilanjutkan dengan sambutan kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd. Beliau mengajak seluruh warga SMAHA untuk menyambut bulan penuh ampunan dan rahmat ini dengan suka cita. “Seperti yang tertuang dalam Quran surat Al Baqarah ayat 183, kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Kita harus persiapkan fisik dan mental sebaik mungkin. Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan sabar, karena kita menahan hawa nafsu seperti haus, lapar, dan amarah. Mari kita sambut bulan suci Ramadhan ini dengan saling memaafkan,” tambah Bu Etik.

Abdul Hakim (ketua Rohis SMAHA 2019), Moktika Chaitra (ketua Rohis SMAHA 2022), serta Aisyah Muna (siswi kelas XII MIPA 2) hadir sebagai narasumber dalam talkshow. Mereka dipandu oleh dua moderator yaitu Zalfa Restu (XI-4) dan Lana (XI-1). 

Abdul Hakim mengajak semua peserta kegiatan untuk menyiapkan tiga hal dalam menyambut Ramadhan, yaitu dengan mempersiapkan iman, ilmu, serta berpasrah diri kepada Allah. Aisyah menambahkan selain tiga hal tersebut, kita juga harus memperisapkan dhohir dan hati kita. “Isilah bulan Ramadhan ini dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti sholat sunah, tadarus Qur’an, bersedekah, dan kegiatan lain.”

Adapun tips mengkhatamkan Al Qur’an menurutdi bulan Ramadhan menurut Moktika, yaitu dengan membulatkan niat, membuat target, serta mengatur waktu untuk mencapai target khatam. 

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti Targhib Ramadhan ini. Mereka merasa melalui kegiatan ini menambah wawasan serta semangat dalam menyambut bulan penuh berkah ini.

“Menurut saya, acara yang bagus sekali untuk saya dan teman-teman menjelang bulan Ramadhan ini karena kita jadi lebih bisa prepare untuk mempersiapkan berbagai macam hal untuk bulan Ramadhan ini. Narasumber yang diusung juga dari siswa dan alumni SMAHA jadi membuat kita merasa lebih relate dengan hal-hal terkait bulan Ramadhan. Acara ini membangkitkan niat dan semangat kita untuk bulan Ramadhan dan mengingatkan kita terkait hal yang wajib maupun sunnah yang dapat menambah pahala-pahala kita di bulan Ramadhan.” tutur Lilyana N (XII IPS 2).