Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

TIGA SISWA MAN 1 GRESIK JUARA 2 MUSABAQOH FAHMIL QUR’AN TINGKAT KECAMATAN BUNGAH

TIGA SISWA MAN 1 GRESIK JUARA 2 MUSABAQOH FAHMIL QUR’AN TINGKAT KECAMATAN BUNGAH

TIGA SISWA MAN 1 GRESIK JUARA 2 MUSABAQOH FAHMIL QUR’AN TINGKAT KECAMATAN BUNGAH

Satu per satu prestasi terus dipersembahkan oleh siswa MAN 1 Gresik. Setelah beberapa hari lalu siswa MAN 1 Gresik mencatatkan prestasi di bidang olahraga, kini siswa MAN 1 Gresik sukses beprestasi dalam bidang Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ). Lomba yang diselenggarakan dalam rangka persiapan MTQ Tingkat Kabupaten tersebut diikuti siswa dari berbagai madrasah aliyah dan delegasi pondok pesantren di Kecamatan Bungah.

Kontingen MAN 1 Gresik dalam lomba MFQ Beranggotakan tiga siswa yakni,
Muhammad Irsyadul Anwar (X-9)
Ahmad Fardhan Ramdani (X-9)
Achmad Fachrurrozi AL Chafidz (XI-4)

Dalam lomba yang juga sering disebut sebagai cerdas-cermat kandungan Al Qur’an tersebut, Ketiga siswa MAN 1 Gresik tersebut sukses melaju hingga babak final dengan menyisihkan peserta-peserta lain. Perlombaan MFQ tingkat Bungah ini juga terbilang tidak mudah, karena Kecamatan Bungah memiliki banyak peserta dari banyak pondok pesantren yang notabene memiliki pendalaman lebih terkait Al Qur’an. Hal ini dikarenakan intensitas pembelajaran agama yang relatif lebih lama.

Atas keberhasilan ketiga siswa MAN 1 Gresik tersebut, MAN 1 Gresik bersama juara 1 MFQ lainnya dipastikan mewakili Kafilah Kecamatan Bungah dalam ajang MFQ tingkat kabupaten. Tuan rumah ajang MTQ tingkat kabupaten juga dilaksanakan di Kecamatan Bungah beberapa bulan ke depan.

Menurut pembina MFQ MAN 1 Gresik, Ustaz Zahrony, menyampaikan bahwa dalam MFQ tingkat kecamatan Bungah ini memiliki tingkat kesulitan sendiri. Selain pesaingnya banyak dari pondok pesantren di wilayah Bungah, materi yang diujikan juga mengacu pada kurikulum terbaru. Memang MAN 1 Gresik memiliki siswa yang sudah pernah lolos MFQ hingga babak final pada Porseni Jawa Timur. Namun, materi yang dilombakan jauh berbeda. Kalau toh mendelegasikan siswa yang lolos ke Porseni Jawa Timur maka tetap berlatih mulai dari nol lagi.

Keberhasilan MAN 1 Gresik mengantarkan siswanya juara 2 dalam MFQ tahun ini diapresiasi oleh dewan juri dan panitia penyelenggara. Menurutnya, sebagai madrasah aliyah negeri di kawasan Gresik bagian utara selalu punya bibit unggul dalam bidang MFQ. Tentu keberhasilan dalam pembinaan MFQ di tingkat madrasah ini patut diapresiasi.

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I pun turut mengucapkan selamat kepada kontingen MAN 1 Gresik yang telah menjadi juara MFQ tingkat Kecamatan Bungah. Sebagai kepala madrasah, beliau mendungkung penuh ketiga siswa tersebut untuk beprestasi dalam bidang MFQ. Apalagi MAN 1 Gresik telah banyak melahirkan kader-kader dalam bidang MFQ. Beliau berharap agar ketiga siswa yang telah juara terus beprestasi di level yang lebih tinggi lagi.