Rabu, 01 Mei 2024
Perguruan Tinggi

LPPM ULM Gelar Sosialisasi Dorong Dosen Lakukan Penelitian Wajib dan Penelitian Kompetitif

LPPM ULM Gelar Sosialisasi Dorong Dosen Lakukan Penelitian Wajib dan Penelitian Kompetitif

Banjarmasin – Universitas Lambung Mangkurat (ULM) secara rutin menyediakan dana untuk riset internal yang dilakukan oleh dosen-dosen di lingkungan ULM melalui dana PNBP. Tahun ini, ULM memiliki 2 skema penelitian yang harus di lakukan oleh dosen yakni penelitian kompetitif dan penelitian non kompetitif atau penelitian wajib. Oleh sebab itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Sunardi, S.Si, M.Sc, Ph.D., melaksanakan Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dana PNBP ULM Tahun 2024 pada Rabu (27/3/2024) secara luring maupun daring.

Acara yang bertempat di General Building ULM ini mengahadirkan PIC Penelitian Pengabdian Wajib Dr. Mustika Wati, S.Pd., M.Sc dan PIC Penelitian Kompetitif Prof. Ir. Iryanti Nata, ST., MT., Ph.D., sebagai narasumber yang akan menjelaskan panduan dan teknis pelaksanaan kegiatan penelitian yang diinginkan sampai ke Jumlah dana dan kelompok yang diperlukan.

Prof. Sunardi menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini yang dirasa sangat bermanfaat untuk kemajuan publikasi ULM sendiri. Ini juga merupakan sebuah bentuk komitmen dari Institusi yang selalu memberikan dukungan melalaui penyediaan dana penelitian.  “Sesuai instruksi dari pak rektor, memang salah satu kewajiban dari ULM adalah mensupport dana penelitian untuk program studi,” ucap Prof. Sunardi.

Melalui skema pendanaan penelitian ini diharapkan kontribusi dosen untuk melakukan penelitian semakin meningkat. “Mudah-mudahan dengan ini tidak ada lagi prodi yang tidak melakukan penelitian karena untuk dana penelitian non kompetitif nanti akan melekat pada seorang dosen,” tambah beliau.

Prof Sunardi lebih lanjut menjelaskan skema penelitian yang salah satunya adalah penelitian kompetitif yang mana penelitian ini dalam proses pelaksanaannya, dilaksanakan full kompetitif yang yang dilakukan oleh reviewer internal dan eksternal untuk menjaga kualitas dan transparansi. Jadi selain memikirkan penelitian wajib yang harus mereka laksanakan, penelitian kompetitif juga suatu kewajiban yang harus dipenuhi dosen.

Setiap dosen akan menerima dana penelitian yang  nantinya digabung lalu kemudian bisa mengusulkan 1 proposal untuk 1 kelompok. Ketua LPPM ULM berharap pendanaan penelitian  ini bisa menjadi penguat di riset Program Sudi atau riset di kelompok. Diakhir sambutan Prof. Sunardi berharap penelitian kompetitif ini akan  dapat mendongkrak suara penelitian berupa publikasi internasional.