Jumat, 03 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Gebyar Dies Natalis Ke-42 UNIB Berlangsung Meriah dan Bertabur Hadiah

Gebyar Dies Natalis Ke-42 UNIB Berlangsung Meriah dan Bertabur Hadiah

SABTU pagi, 20 April 2024, Universitas Bengkulu menggelar gebyar dies natalis ke-42 dengan melaksanakan jalan sehat, bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis, perlombaan memasak dan menghias tumpeng, bazar, serta pengundian dan pembagian ratusan hadiah doorprize.

Rektor didampingi Gubernur ketika mengangkat bendera start jalan sehat.(foto:hms1)

Acara yang mulai pukul 06.00 WIB hingga 11.45 WIB ini dihadiri ribuan keluarga besar UNIB mulai dari pimpinan tingkat universitas, pimpinan fakultas, dosen dan tenaga kependidikan, karyawan, hingga masyarakat yang berdomisili dekat kampus UNIB.

Sejumlah undangan VIP juga tampak hadir untuk memberikan apresiasi dan membersamai UNIB dalam gebyar dies natalis ke-42 ini. Mereka adalah Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA dan sejumlah Kepala OPD Provinsi Bengkulu, Sekretaris Kota Bengkulu bersama sejumlah pejabat Pemkot Bengkulu, perwakilan dari Pimpinan Polda Bengkulu, Lanal Bengkulu dan unsur Forkompinda lainnya, serta pimpinan bank mitra UNIB.

Kegiatan jalan sehat diawali pengibaran bendera start oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri bersama Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah di halaman Gedung Serba Guna (GSG) UNIB. Ribuan peserta kemudian menyusuri rute sepanjang lebih kurang 5 KM di dalam kawasan kampus utama UNIB. Rute ini sengaja dipilih untuk mengajak masyarakat menikmati suasana kesejukan dan keasrian kampus hijau UNIB yang masih banyak dilingkupi pepohonan dan hutan buatan.

Peserta jalan santai tampak ceria mengikuti jalan sehat di lingkungan kampus UNIB.(foto:hms1)

Setelah berjalan kaki bersama yang penuh keceriaan lebih kurang satu jam, peserta memasuki garis finish dan berkumpul di halaman GSG UNIB seraya melepas dahaga dan menyantap rebusan jagung, pisang dan ubi-ubi yang telah disiapkan panitia. Saat bersamaan juga dilakukan pengumpulan potongan kupon doorprize yang dibagikan panitia saat dalam perjalanan (on the spot).

Di bagian lain, panitia bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang dikoordinir Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) telah membuka layanan. Pemeriksaan kesehatan diawali oleh Rektor dan Gubernur Bengkulu kemudian diikuti keluarga besar UNIB lainnya. Begitupun panitia lomba memasak dan menghias tumpeng yang dikoordinir oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), mereka juga telah memulai lomba dengan penuh keceriaan.

Setelah berjalan kaki menikmati keasrian kampus UNIB, peserta jalan sehat finish di GSG UNIB.(foto:hms1)

Kembali ke panggung utama di pelataran GSG UNIB, sebelum dilakukan pengundian hadiah doorpize, terlebih dulu dilakukan penyampaian laporan oleh Panitia Dies Natalis Ke-42 UNIB dan sambutan-sambutan.

Diawali laporan Wakil Rektor III UNIB Bidang Kemahasiswaan Prof. Candra Irawan, S.H, M.Hum sebagai Ketua Panitia Dies Natalis UNIB tahun 2024. Dia menjelaskan, Gebyar Dies Natalis pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut dan memeriahkan dies natalis ke-42 UNIB tahun 2024.

“Rangkaian kegiatan dimulai sejak Februari 2024 lalu dengan berbagai agenda di tingkat universitas maupun fakultas. Kegiatan-kegiatan tersebut bernuansa akademik seperti seminar-seminar, pengabdian seperti bakti sosial dan pemberian beasiswa zakat kepada pelajar SD, SMP dan SMA kurang mampu, hingga kegiatan olahraga dan hiburan,” ujarnya.

Ketua Panitia Dies Natalis Prof. Candra dan Koordinator Jalan Sehat Dr. Alexon melaporkan.(foto:hms1)

“Hari ini sejumlah agenda dilaksanakan serentak dalam Gebyar Dies Natalis yang diwarnai pembagian ratusan hadiah doorpize, dan puncak dies natalis ke-42 ini sendiri akan dilaksanakan tanggal 24 April 2024 sesuai dengan hari ulang tahun UNIB. Di hari puncak nanti kita menggelar Orasi Ilmiah dan acara Rektor Award,” papar Prof. Candra Irawan, seraya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mesukseskan berbagai agenda ini.

Dilanjutkan laporan Koordinator Jalan Sehat Dies Natalis Ke-42 UNIB dalam hal ini Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIB Dr. Alexon, M.Pd. Dia menjelaskan, antusiasme sivitas akademika UNIB dan masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti acara ini. Sesuai dengan jumlah kupon yang dicetak panitia, jumlah peserta jalan sehat lebih kurang 3000-an peserta yang terdiri dari keluarga besar UNIB hingga masyarakat sekitar kampus UNIB.

Gubernur bersama Rektor dan pimpinan lainnya foto bersama di foto both Dies Natalis ke-42.(foto:hms1)

Potongan kupon peserta jalan sehat ini kata Dr. Alexon dilakukan pengundian untuk mendapatkan ratusan hadiah yang menarik dan bernilai ekonomis tinggi. Hadiah-hadiah ini merupakan sumbangan dari pimpinan UNIB sendiri, Gubernur Bengkulu, Walikota Bengkulu, pimpinan bank mitra UNIB, dan sponsor mitra perusahaan swasta lainnya.

Total ada 145 hadiah doorprize, mulai dari 3 unit sepeda motor, beberapa buah sepeda listrik, sejumlah kulkas, puluhan mesin cuci, beberapa buah televisi, beberapa buah sepeda, handphone, dispenser, dan barang-barang bernilai ekonomis tinggi lainnya. Untuk 3 unit sepeda motor sebagai hadiah utama, merupakan persembahan Bank Bengkulu, Bank BRI dan Bank Mandiri.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah menyumbang hadiah dan kami ucapkan selamat kepada peserta jalan sehat yang memenangkan undian,” ujar Dr. Alexon.

Gubernur dan Rektor serta pimpinan lainnya melakukan pemeriksaan kesehatan.(foto:hms1)

Sementara itu, Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri dalam sambutannya menjelaskan, Gebyar Dies Natalis dan rangkaian kegiatan lainnya dalam rangka menyambut dies natalis ke-42 ini merupakan repleksi kebahagian seluruh keluarga besar UNIB dalam merayakan berbagai keberhasilan dan kemajuan yang telah dicapai UNIB sejak kelahirannya pada tahun 1982.

“Kita berkumpul di sini esensinya untuk memeriahkan dan merasakan kebahagian penyambutan ulang tahun UNIB yang ke-42, tepatnya tanggal 24 April nanti. Kita berkumpul untuk menguatkan tekad dan komitmen kolektif dalam membagun UNIB yang lebih maju, sesuai dengan tema dies natalis tahun ini yaitu Mewujudkan UNIB Unggul, Berbudaya, dan Berdaya Saing Internasional,” ujar Dr. Retno.

Rektor bersama gubernur mengunjungi tenda lomba memasak dan menghias tumpeng.(foto:hms1)

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada panitia dies natalis dan seluruh pihak yang telah mensukseskan rangkaian kegiatan dies natalis tahun 2024, serta berterimakasih kepada Gubernur Bengkulu, Walikota Bengkulu dan seluruh bank mitra UNIB yang telah membersamai dan mensuport kemeriahan gebyar dies natalis ke-42 UNIB ini.

Sambutan terakhhir disampaikan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah. Sebagai Pemimpin Daerah dan mewakili Pemerintah Pusat, gubernur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada UNIB yang sejak berdiri pada tahun 1982 hingga sekarang telah menjadi universitas terbesar di Provinsi Bengkulu dan telah berkontribusi nyata dalam memajukan sektor pendidikan, mencetak puluhan ribu SDM unggul dan terus melangkah menghasilkan penelitian dan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Rektor dan gubernur mencabut undian pertama dan menyerahkan hadiah doorprize sepeda motor.(hms1)

Bahkan tambah gubernur, keberadaan dan peran UNIB saat ini tidak hanya terbatas pada Tridharma Perguruan Tinggi; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, tapi juga ikut mendorong kemajuan perekonomian daerah. Dengan mahasiswa aktif yang sudah mencapai 20.000-an berasal dari berbagai pelosok daerah, jumlah dosen dan karyawan yang ribuan, tentu UNIB memberikan multiplayer effect bagi kemajuan sektor ekonomi.

“UNIB tidak hanya mencetak SDM unggul, tapi juga berkontribusi bagi perekonomian daerah. Di acara ini saja dapat kita lihat, hampir seluruh bank ikut bermitra dan berpartisipasi untuk memeriahkkan dies natalis ke-42 UNIB. Itu artinya, peran UNIB memberikan multiplayer effect di sektor ekonomi sangat tinggi,” ujar Dr. Rohidin Mersyah.

Fose ceria gubernur dan pimpinan UNIB di fotoboth Dies Natalis ke-42 UNIB.(foto:hms1)

Gubernur mengajak seluruh pihak saling berkoordinasi dan bersinergi dalam memajukan UNIB ke depan sehingga tujuan sebagaimana tema yang diusung pada dies natalis ke-42 ini dapat terwujud, yaitu UNIB Unggul, Berbudaya dan Berdaya Saing Internasional.

“Selamat dies natalis ke-42 untuk UNIB, semoga ke depan semakain maju dan mampu berkontribusi lebih besar lagi bagi masyarakat dan kemajuan Provinsi Bengkulu,” tutur Dr. Rohidin Mersyah.

Setelah memberikan sambutan, Gubernur dan Rektor UNIB mengawali pengundian kupon dan untuk kupon yang dicabut gubernur ini adalah sebuah sepeda motor dari Bank Bengkulu dan peserta yang beruntung adalah Anisa warga Rawa Makmur Kota Bengkulu.

Tak hanya itu, pada kesempatan ini, gubernur juga memberikan kuis berisi pertanyaan dan peserta yang berhasil menjawab langsung mendapat hadiah uang tunai dari gubernur. Suasana semakin meriah karena ratusan peserta mendekat ke panggung utama untuk mendapatkan kesempatan menjawab kuis dari gubernur.

Rektor ketika mencabut undian dan menyerahkan hadiah utama sepeda motor dan sepeda listrik.(hms1)

Usai meresmikan pengundian kupon doorprize jalan sehat, Gubernur dan Rektor serta undangan VIP lainnya melakukan pemeriksaan kesehatan di tenda Bakti Sosial FKIK dan meninjau bazar dan perlombaan memasak serta menghias tumpeng. Gubernur kemudian berpamitan pulang setelah melakukan sesi foto both dengan segenap pimpinan UNIB.

Di tenda utama pengundian kupon berlangsung meriah hingga pukul 11.45 WIB. Ratusan pemenang sangat bahagia dan terharu bahkan ada yang bersujud syukur karena mendapat hadiah yang istimewa pada Gebyar Dies Natalis ke-42 UNIB ini. Dua unit sepeda motor dari BRI dan Bank Mandiri akhirnya didapatkan Santi, seorang karyawan UNIB yang tinggal di kawasan Hibrida Kota Bengkulu dan Ardilafiza yang merupakan dosen FH UNIB yang tinggdal di kawasan Perumahan UNIB Permai.

“Alhamdulillah, meskipun tidak dapat motor tapi kami sangat senang sudah mendapat satu mesin cuci dan satu televisi setelah dua dari tiga kupon yang kami miliki diumumkan sebagai pemenang. Sungguh luar biasa meriahnya. Terimakasih UNIB, semoga ke depan semakin maju dan menjadi universitas unggul di Indonesia dan internasional,” ujar Evi Anggraeni, istri seorang Tendik UNIB yang berdomisili di Jalan WR. Supratman.[Purna Herawan/Humas].

Ratusan hadiah doorprize dibagikan kepada pemenang undian kupon jalan sehat.(foto:hms1)
Seorang Tendik UNIB sujud syukur setelah mendapat hadiah utama Sepeda Motor dari Bank Mandiri.(hms1)
Suasana berlangsung ceria sepanjang acara pembagian ratusan hadiah doorprize.(foto:hms1)
Rektor ketika meninjau lomba memasak dan menghiasi tumpeng sekaligus mencicipi tumpeng yang disiapkan peserta lomba.(foto:hms1)
Suasana ceria saat pengumuman dan pembagian hadiah pemenang lomba masak dan tumpeng.(hms1)
Rektor dan para Wakil Rektor foto bersama dengan Panitia Gebyar Dies Natalis ke-42 UNIB.(foto:hms1)